Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92312
Title: Prosedur Penerimaan Kas Atas Piutang Rekening Air pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jember
Authors: Supatmoko, Djoko
Siahaan, Debora Ernauli Boru
Keywords: Penerimaan Kas
Piutang
Perusahaan Daerah Air Minum
Jember
Issue Date: 30-Aug-2019
Abstract: Dari hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah Badan Usaha MilikDaerah (BUMD) yang salah satunya bergerak dibidang jasa. Perusahaan ini mengelolah sumber daya alam menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat sekitarnya. Dengan kegiatan utama PDAM ini adalah mendistribusikan dan menjual air kepada masyarakat (pelanggan) dengan sistem rekening bulan ini ditagih pada bulan berikutnya. Tagihan inilah yang mengkibatkan timbulnya piutang pada PDAM. 2. Prosedur Penerimaan Kas Atas Piutang Rekening Air Sumber penerimaan kas di dalam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jember ini sebagian besar berasal dari pelunasan piutang dari setiap pelanggan, karena kegiatan pokok perusahaan ini menjual air bersih yang dijual melalui penjualan secara kredit. Dalam Pengendalian Internal yang Baik prosedur penerimaan kas dari piutang harus menjamin diterimanya kas dari pelanggan oleh perusahaan, bukan oleh karyawan yang tidak berhak menerimanya. a. Bagian Yang Terkait 1. Sub Bagian Pembukuan 2. Sub Bagian Kas 3. Kasir 4. Sub Bagian Rekening/PDE 5. Sub Bagian Penagihan 6. Sub Bagian Pembaca Meter 7. Bagian Outsourcing b. Dokumen Yang Digunakan 1. DSML (Daftar Stan Meter Langganan) 2. DRDA (Daftar Rekening Air Ditagihkan) 3. LPPA (Laporan Penagihan Penagih Air) 4. Bukti Setor Bank 5. JPK (Jurnal Penerimaan Kas) 6. Buku Besar 7. JRA (Jurnal Rekening Air) 8. PPOB (Payment Point On Bank) c. Alur Penerimaan Kas Atas Piutang Rekening Air Bagian Outsourcing terjun kelapangan untuk membaca dan mencatat meter air tiap unit. Lalu dilaporan kepada bagian langganan untuk dibuat DSML, DSML di berikan kepada sub bagian penaggihan untuk membuat DRDA. Sub bagian PDE membuat JRA setelah menerima file master_p dari bagian langganan. Untuk pembbayaran taihan dapat dilakukan secara online maupun secara langsung. Pembayaran dilakukan setelah sebulan pemakaian. Pembayaran secara langsung dilakukan kepada pelanggan yang tidak membayar tagihan selama ≥ 2 bulan, jika kurang dari itu bisa melakukan pembayaran secara online sesuai dengan provider yang memiliki aplikasi pembayaran tagihan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92312
Appears in Collections:DP-Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Debora Ernauli Boru Siahaan-160803104014 wat.pdf1.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.