Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92142
Title: Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember
Authors: Widodo, Joko
Zulianto, Mukhamad
MAULIDAH, Iis
Keywords: Kualitas Produk
Kualitas Pelayanan
Kepuasan Konsumen
Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember
Issue Date: 23-Aug-2019
Series/Report no.: 140210301025;
Abstract: Pada era globalisasi saat ini, banyak terjadi perkembangan pada berbagai bidang termasuk bidang perekonomian . Hal ini menyebabkan tingkat persaingan antar perusahaan semakin meningkat. Salah satu cara perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya ialah dengan menciptakan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen tercipta jika perusahaan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen karena konsumen akan memilih produk yang memberikan nilai terbesar bagi mereka. Sehingga dalam menentukan produk yang akan ditawarkan, perusahaan harus menyesuaikan pada selera konsumen agar konsumen merasa puas. Selera konsumen yang beragam mendorong perusahaan untuk selalu meningkatkan kualitas produknya. Selain meningkatkan kualitas produk, kualitas pelayanan juga perlu diperhatikan perusahaan, sebab konsumen tidak hanya mencari produk yang sesuai dengan selera mereka namun juga pelayanan yang memuaskan. Bisnis yang berkembang di Indonesia saat ini adalah bisnis kuliner termasuk di kota Jember. Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember merupakan salah satu bisnis rumah makan yang ada di Jember. Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember menyediakan makanan olahan ayam. Seiring perkembangannya, banyak sekali rumah makan yang berbahan dasar ayam. Kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus bertambah membuat Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk. Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember tidak hanya menyediakan produk berbahan dasar ayam, namun juga berbahan dasar lain seperti ikan, bebek, bahkan juga menyediakan olahan sayuran. Rumah makan ini juga menyediakan berbagai jenis minuman yang bisa dinikmati oleh konsumen. Kualitas pelayanan juga sangat diperhatikan oleh Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Rumah makan ini memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Karyawan berpenampilan menarik dan memiliki komunikasi yang baik dengan konsumen, tempat yang bersih dan nyaman serta berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh konsumen seperti wifi, musholla dan tempat parkir. Dalam usahanya, Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember buka selam 24 jam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 50 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember sebesar 79,9% dan sisanya 20,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas pelayanan yakni sebesar 40,7% sedangkan kualitas produk hanya berpengaruh sebesar 39,2%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92142
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Iis Maulidah-140210301025.pdf2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools