Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92132
Title: Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Acara Kick Andy Dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Menyiapkan Bahan Berita Di Smp Kelas Viii
Authors: MUJI
POMOMO, Bambang Edi
ASYIFA', Nurul
Keywords: Kesantunan berbahasa
berkomunikasi
informasi
bahasa
proses komunikasi b
Issue Date: 23-Aug-2019
Series/Report no.: 140210402022;
Abstract: Kesantunan berbahasa merupakan hal yang penting untuk dibahas menyangkut kegiatan berkomunikasi, dengan memperhatikan kesantunan maka kegiatan berkomunikasi menjadi lancar dan informasi dapat tersampaikan dengan jelas. Penggunaan bahasa berkaitan dengan situasi atau kondisi yang terjadi saat komunikasi berlangsung. Oleh sebab itu, dalam memahami bahasa harus diikuti dengan memahami konteks supaya proses komunikasi berjalan lancar. Kesantunan berbahasa dalam acara Kick Andy dibahas karena terdapat pembawa acara serta narasumber yang berkomunikasi dalam suatu peristiwa tutur. Fokus masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Prinsip kesantunan yang digunakan dalam acara Kick Andy , 2) Fungsi kesantunan yang digunakan dalam acara Kick Andy , 3) Strategi kesantunan yang digunakan dalam acara Kick Andy, dan 4) Pemanfaatan kesantunan berbahasa Indonesia pada acara Kick Andy sebagai alternatif materi menyiapkan bahan berita di SMP kelas VIII. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini meliputi: (1) segmen tutur; (2) konteks tutur; dan (3) isi kurikulum 2013 SMP kelas VIII mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data pada penelitian ini meliputi: (1) peristiwa tutur yang terjadi dalam acara Kick Andy. Pemerolehan data berasal dari rekaman video yang diunduh dari situs http://video.metrotvnews.com/kick-andy/videos. (2) kurikulum 2013 SMP kelas VIII mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik interpretatif argumentatif yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing).Hasil penelitian tentang kesantunan berbahasa dalam acara Kick Andy yaitu prinsip kesantunan yang digunakan dalam komunikasi antara pewawancara dan narasumber adalah maksim kebijaksanaan dengan meninggikan posisi narasumber sebagai bentuk penghargaan terhadap mitra tutur. Prinsip kesantunan kedua yang digunakan adalah maksim penghargaan, dengan meninggikan posisi narasumber yang disertai dengan uraian kelebihan dari narasumber sebagai bentuk memberikan penghargaan terhadap mitra tutur. Prinsip kesantunan ketiga adalah maksim kemufakatan. Narasumber menyampaikan ungkapan persetujuan kepada pewawancara atas kesimpulan yang telah diuraikan oleh pewawancara. Fungsi kesantunan berbahasa yang terdapat dalam dalam segmen tutur acara Kick Andy yaitu, fungsi menyatakan untuk mendapatkan penjelasan singkat, fungsi menanyakan untuk meminta pejelasan singkat, fungsi menanyakan untuk meminta pengakuan, fungsi menanyakan untuk meminta kesungguhan, fungsi memerintah untuk menyuruh melakukan suatu hal, fungsi memerintah untuk larangan melakukan suatu hal, fungsi memerintah untuk menyetujui pernyataan penutur. Strategi kesantunan berbahasa yang digunakan dalam hal ini menggunakan strategi langsung harfiah, yaitu dengan menyampaikan maksud sesuai dengan yang dituturkan. Strategi lainnya menggunakan strategi langsung tidak hafiah, yaitu menyampaikan tuturan secara langsung namun maksud yang digunakan tidak sama persis dengan yang diutarakan. Terdapat pemanfaatan terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII. Pemanfaatan tersebut dapat berupa penggunaan kajian ini untuk alternatif materi pembelajaran menyiapkan berita. Saran dalam penelitian ini: 1) Peneliti yang lain, hasil penelitian ini sebaiknya digunakan sebagai salah satu referensi untuk mengkaji penelitian yang sejenis dalam pembahasan yang lebih luas dengan objek yang berbeda dan kajian yang berbeda dapat memperluas penelitian dengan cara mengembangkan kajian teori yang belum dikaji oleh penelitian ini. 2) Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, hasil penelitian ini sebaiknya digunakan sebagai bahan pengembangan keterampilan guru dalam mengajar terutama dalam keterampilan berbicara untuk materi wawancara.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92132
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurul Asyifa’ - 140210402022-.pdf1.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools