Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92062
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik-
dc.contributor.advisorBudyawati, Luh Putu Indah-
dc.contributor.authorOKTARINA, Maisya-
dc.date.accessioned2019-08-22T03:08:55Z-
dc.date.available2019-08-22T03:08:55Z-
dc.date.issued2019-08-22-
dc.identifier.nimNIM150210205061-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92062-
dc.description.abstractKegiatan Computer for Kids di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di TK Pertiwi. kegiatan Computer for Kids ini digunakan sebagai salah satu upaya memeberikan fasilitas terhadap pengetahuan dan perkembangan anak. Kegiatan Computer for Kids merupakan wadah bagi anak untuk mengaplikasikan dari pembelajaran yang sudah diterima di kelas, selain itu dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan anak termasuk aspek kognitif pada perkembangan konsep bilangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah kegiatan Computer for Kids dalam mengembangkan konsep bilangan anak usia dini pada kelompok B2 di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kegiatan Computer For Kids dalam mengembangkan konsep bilangan anak Kelompok B2 di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Waktu pengumpulan data selama 2 minggu. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu anak kelompok B2 usia 5-6 tahun dan 1 guru kegiatan Computer for Kids, sedangkan sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yaitu kepala sekolah TK Pertiwi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat bantu check list, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kegiatan Computer for Kids di kelas B2 merupakan kegiatan tambahan untuk mengasah kemampuan konsep bilangan yang sudah dikuasai anak di kelas, 1) menggunakan metode modeling dan didukung metode demonstrasi dan latihan . 2) mengembangkan perkembangan konsep bilangan anak, 3) penyampaian materi menggunakan metode demonstrasi dengan media komputer yang dapat menarik perhatian anak yang menggunakan aplikasi angka seri binatang yang dilengkapi dengan animasi gambar bergerak, dan audio. Jadi dalam menggunakan media pembelajaran komputer agar anak tidak akan merasa bosan karena beragam animasi grafik. Pada pelaksanaan kegiatan ini dapat dilihat perkembangan konsep bilangan anak yaitu membilang (menyebutkan) urutan bilangan 1-20, membilang (mengenal) konsep bilangan dengan benda-benda 1-20, mengurutkan bilangan dengan dengan benda 1-10 dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda 1-10. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan Computer for Kids adalah kegiatan tambahan dalam pembelajaran konsep bilangan yang dipengaruhi oleh peran guru dan menggunakan aplikasi angka seri binatang, aplikasi jejak angka dan aplikasi angka berhitung dalam mengenalkan konsep bilangan. Metode pembelajaran yang digunakan di kegiatan Computer for Kids yang utama yaitu metode modeling dan didukung metode demonstrasi. Metode modeling yang dilaksanakan guru terlaksanakan secara optimal karena guru memberikan penguatan dan motivasi. Kegiatan Computer for Kids dapat menstimulus perkembangan konsep bilangan anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210205061;-
dc.subjectComputer for Kidsen_US
dc.subjectTK Pertiwien_US
dc.titleAnalisis Kegiatan Computer For Kids Terhadap Perkembangan Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B2 di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MAISYA OKTARINA - 150210205061_1.pdf5.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools