Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91985
Title: | Etnomatematika Pada Gapura Gesibu Blambangan Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika |
Authors: | SETIAWAN, Toto’ Bara SUNARDI RAHMAWATI, Elok |
Keywords: | Etnomatematika Gapura Gesibu Blambangan Bahan Pembelajaran Matematika |
Issue Date: | 21-Aug-2019 |
Series/Report no.: | 150210101064; |
Abstract: | Matematika dapat diaplikasikan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, misalnya transaksi perdagangan, kegiatan pertukangan, pengukuran, dan masih banyak hal lain. Sebagian besar siswa memiliki sikap ketidaksenangan terhadap matematika sehingga siswa merasa takut dan cemas ketika belajar matematika. Kecemasan yang muncul pada siswa dalam belajar matematika mendorong guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif. Budaya merupakan seluruh aspek kehidupan masyarakat yang diperoleh dari tingkah laku, pola pikir, dan cara belajar. Studi tentang matematika dalam budaya dinamakan etnomatematika. Pemberian bahan pembelajaran berbasis etnomatematika diharapkan mampu membuat siswa lebih mengenal budaya dan mempermudah dalam memahami pengetahuan matematika. Salah satu implementasi budaya yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yaitu gapura. Bangunan gapura banyak ditemui di lingkungan sekitar, misalnya gapura yang digunakan sebagai pintu masuk rumah, masjid, simbol perbatasan suatu wilayah bahkan sebagai monumen sejarah pada suatu wilayah. Bagian-bagian komponen gapura yang unik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika pada bidang geometri di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada gapura GESIBU Blambangan Banyuwangi dan selanjutnya digunakan sebagai bahan pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS). Gapura GESIBU Blambangan terletak di Jalan Diponegoro No.2, Desa Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Gapura GESIBU dijadikan sebagai objek penelitian dikarenakan gapura memiliki bentuk dan ukuran yang unik. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun observasi dilakukan oleh dua orang observer dan wawancara dilakukan pada empat subjek penelitian yang terdiri dari budayawan, arkeolog, tukang bangunan, dan ahli ukir bangunan. Pada umumnya gapura tersusun atas beberapa komponen yang terdiri atas atap, badan, dan kaki. Pada setiap komponen tersebut terdapat ukiran dengan bermacam-macam bentuk. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa terdapat etnomatematika pada komponen beserta ukiran pada gapura GESIBU Blambangan. Adapun unsur matematika yang ada pada bangunan gapura antara lain bangun datar, bangun ruang, transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi) dan Barisan Aritmatika. Adapun unsur matematika bangun datar terdapat pada setiap komponen gapura bagian atap terdiri dari trapesium dan persegi panjang, badan terdiri dari trapesium pada dindingnya dan didominasi oleh persegi panjang. Kemudian unsur matematika bangun ruang terdapat pada gapura apabila diamati dalam dimensi tiga pada atap gapura terdiri atas balok pada kemuncak dan limas segiempat terpancung pada bagian tingkatan yang terdapat pada atap gapura, bagian badan gapura didominasi oleh balok, bagian kaki terdiri dari balok dan setengah tabung. Unsur transformasi geometri terdapat pada ukiran yang terletak pada setiap komponen gapura yakni refleksi terhadap sumbu vertikal, traslasi terhadap sumbu horisontal, dan rotasi sejauh °. Etnomatematika yang diperoleh kemudian digunakan sebagai bahan pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) yang berisi ringkasan materi pada pokok bahasan luas permukaan dan volume berbasis etnomatematika untuk kelas VIII yang disesuaikam dengan indikator yang terdapat dalam silabus Kementrian dan Kebudayaan tahun 2017 kurikulum 2013 antara lain mengidentifikasi benda terkait dengan bangun ruang yang menggunakan etnomatematika gapura pada komponen atap, badan, dan kaki. Menentukan luas permukaan dan volume pada benda nyata menggunakan etnomatematika pada komponen atap gapura. Kemudian menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang dikaitkan dengan etnomatematika pada atap gapura. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91985 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Elok Rahmawati-150210101064_.pdf | 6.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools