Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9183
Title: PELAKSANAAN ADMINISTRASI KREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES) UNTUK TUJUAN PERUMAHAN PADA PT. BRI (PERSERO) Tbk. UNIT RAMBIPUJI CABANG JEMBER
Authors: Isna Poinsefty Firliani
Keywords: DMINISTRASI KREDIT UMUM PEDESAAN
Issue Date: 16-Dec-2013
Series/Report no.: 090803102022/AK;
Abstract: Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan, serta datadata yang terkumpul mengenai prosedur administrasi Kupedes untuk Tujuan Perumahan pada PT. BRI (Persero) Unit Rambipuji Cabang Jember, dapat disimpulkan sebagai berikut 1. Prosedur Pelaksanaan Administrasi Kupedes untuk Tujuan Perumahan adalah sebagai berikut b) Penerimaan pengajuan kredit dari nasabah dengan memberikan berkas- berkas yang diperlukan untuk keperluan pihak BRI dalam pemeriksaan kelayakan usahanya c) Berkas yang telah diterima Deskman diperiksa kembali untuk memastikan apakah berkas yang diterima benar dan telah sesuai dengan ketentuan d) Berkas yang telah diperiksa, diajukan kepada Kepala Unit. Dilakukan untuk memastikan apakah permohonan tersebut dapat dilanjutkan atau tidak, apabila telah mendapatkan persetujuan, maka Kepala Unit memberikan disposisi kepada Mantri untuk melakukan analisis dan evaluasi e) Kepala unit menerima analisis dimana telah ditetapkan usulan tipe dan strukturya serta jumlah maksimal plafon pinjaman yang layak diberikan f) Perjanjian dan pencairan kredit dilakukan apabila kredit yang telah diputuskan diterima, selanjutnya nasabah harus mengisi formulirformulir yang diperlukan g) Penyimpanan berkas-berkas pinjaman dimulai sejak diberikannya persyaratan kredit sampai dengan pencairan kredit. Arsip disimpan apabila telah diperiksa dan diparaf oleh Kepala Unit 65 2. Kegiatan Praktek Kerja Nyata dalam upaya mempelajari prosedur pelaksanaan administrasi Kupedes untuk Tujuan Perumahan adalah sebagai berikut a) Membantu Teller mengisi slip setoran untuk angsuran Kupedes setelah proses realisasi b) Membantu Deskman menyiapkan formulir jenis pinjaman yang diajukan c) Membantu Deskman mengisi formulir permohonan pinjaman untuk nasabah d) Membantu Deskman memasukkan data-data nasabah yang mempunyai tanggungan (kredit) e) Membantu Deskman memasukkan data / berkas nasabah yang mengajukan Kupedes untuk Tujuan Perumahan maupun berkas yang sudah realisasi dalam buku Register Realisasi f) Membantu Deskman meneliti berkas bersyarat Kupedes untuk Tujuan Perumahan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9183
Appears in Collections:DP-Financial Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Isna Poinsefty Firliani (090803102022)_1.pdf2.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.