Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91771
Title: Efektifitas Pembelajaran Suhu dan Kalor Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Disertai Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
Authors: Harijanto, Alex
Budi P, Sri Handono
NURDIANA, Ilvi Maulida
Keywords: Suhu dan Kalor
Model Inkuiri Terbimbing
Mind Mapping
Berpikir Kritis
Issue Date: 14-Aug-2019
Series/Report no.: 150210102084;
Abstract: Berpikir kritis adalah kemampuan seseorang dalam merumuskan dan memecahkan suatu masalah. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui latihan-latihan dan bimbingan. Salah satu pembelajaran fisika yang sesuai dengan keadaan diatas adalah pembelajaran secara inkuiri, dimana dalam pembelajaran siswa dilibatkan secara aktif untuk menemukan sendiri suatu konsep dasar fisika secara mandiri. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai adalah model inkuiri terbimbing. Dalam pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing secara tidak langsung siswa harus mencatat dan mengingat informasi-informasi yang didapat, sedangkan kelemahan siswa adalah dalam hal mengingat dan membuat catatan, untuk itu penggunaan mind mapping sebagai cara mencatat dapat membantu memudahkan siswa dalam membuat catatan dan mengingat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model inkuiri terbimbing disertai Mind Mapping (2) Mengkaji efektifitas pembelajaran suhu dan kalor menggunakan model inkuiri terbimbing disertai Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91771
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ilvi Maulida Nurdiana-150210102084_1.pdf3.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools