Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91722
Title: Pengembangan Lkpd Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi
Authors: Irvan, Muhtadi
Fitriyah, Chumi Zahroul
Narulita, Fania
Keywords: Kearifan Lokal
Pengembangan LKPD
Issue Date: 14-Aug-2019
Abstract: kurikulum 2013 pemerintah telah menyiapkan bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa. Materi pada buku siswa masih bersifat umum. Siswa lebih paham dan mendapatkan pembelajaran bermakna jika materi yang digunakan merupakan materi yang ada di sekitarnya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan mengembangkan materi berbasis kearifan lokal Banyuwangi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi kearifan lokal Banyuwangi hanya ada pada pembelajaran bahasa Osing sedangkan siswa SDN 4 Kalibaru Manis mayoritas menggunakan bahasa Madura. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sekaligus mengenalkan kearifan lokal di lingkungan siswa dengan pembelajaran bermakna maka dikembangkan LKPD suplemen sebagai pendamping buku siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pengembangan LKPD Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil pengembangan LKPD Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yaitu 1) Research and Information Collecting, 2) Planning, 3) Develop Preliminary Form a Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision, 8) Operasional Field Testing, 9) Final Produk Revision dan 10) Dissemination and Implementation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan observasi. Instrumen penelitian adalah validasi yang dilakukan oleh 3 validator.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91722
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fania Narulita - 150210204090 Sdh.pdf4.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools