Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91697
Title: Tingkat Keterbacaan Wacana pada Buku Tematik Kurikulum 2013 Kelas IV SD Berdasarkan Grafik Fry
Authors: Mardiati, Yayuk
Hutama, Fajar Surya
DEVI, Ega Artika
Keywords: Grafik Fry
Buku Tematik Kurikulum 2013
Tingkat Keterbacaan Wacana
Issue Date: 13-Aug-2019
Series/Report no.: 150210204126;
Abstract: Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang penting dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Wacana yang terdapat pada buku teks, haruslah wacana yang dapat dibaca dan dipahami siswa sesuai dengan jenjangnya. Aspek keterbacaan yang kurang sesuai dengan kemampuan siswa dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami isi yang ada pada wacana tersebut. Terkait hal tersebut kesesuaian keterbacaan wacana yang ada pada buku siswa kelas IV edisi revisi 2017, masih kurang sesuai dengan siswa kelas IV SD. Alasan memilih wacana yang ada pada buku siswa kelas IV, karena kelas IV SD merupakan awal siswa belajar pada tingkat pemahaman, lebih khususnya pada kegiatan membaca. Artinya, apabila siswa kesulitan memahami wacana-wacana tersebut maka siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai wacana atau materi tersebut. Selain wacana dilihat dari keterbacaannya, wacana yang baik juga menggunakan kalimat yang memperhatikan struktur ataupun pola-pola kalimatnya. Struktur kalimat berkaitan dengan unsur-unsur pembentuk kalimat, yaitu subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (Pel), dan keterangan (K). Wacana yang terdapat pada buku tematik kelas IV menggunakan pola-pola kalimat yang beragam dan kalimat yang digunakan masih banyak menggunakan kalimat yang panjang. Perluasan kalimatnya ada yang tidak mengikuti 6 tipe pola kalimat dasar, sehingga dirasa cukup sulit untuk menentukan unsur kalimatnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91697
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ega Artika Devi-150210204126_1.pdf2.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools