Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91617
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMutrofin-
dc.contributor.advisorSugiarti, Titik-
dc.contributor.authorSEKARSARI, Devi-
dc.date.accessioned2019-08-09T08:18:43Z-
dc.date.available2019-08-09T08:18:43Z-
dc.date.issued2019-08-09-
dc.identifier.nimNIM150210204132-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91617-
dc.description.abstractModel Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berbasis pada masalah, dalam pembelajarannya terdapat lima fase yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah. Dalam pembelajaran matematika hendaknya guru menggunakan model yang mengorganisasikan siswa untuk belajar dan mebiasakan siswa dengan masalah konstektual untuk dipecahkan yang mana diharapkan siswa agar dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa penting bagi pembelajaran (student centered), sehingga semakin baik model pembelajarn model pembelajaran yang digunakan, semakin efektif pula tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model ekspositori pokok bahasan FPB dan KPK siswa kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember?”. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pokok bahasan FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen dengan pola pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu treatment, tes dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan merupakan beda nilai hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dioakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak) dengan hasil kelas IV-A ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol. Sebelum diadakan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas memakai data pretest. Berdasarkan hasil pre-test dari ke empat kelas kemudian dilakukan uji homogen, diperoleh hasil yang berupa nilai signifikansi sebesar 0,365, kemudian dikonsultasikan dengan syarat yaitu pada taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa 0,365 > 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa keadaan keempat kelas sebelum dilakukan penelitian adalah homogen. Langkah selanjutnya yaitu melakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil undian menunjukkan bahwa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan analisis data dari nilai post-test mengunakan analisis t-test. Data yang dianalisis yaitu berupa beda nilai post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik analisis uji-t. hasil perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% ata taraf kepercayaan 0,95 dengan df 70, sehingga diperoleh nilai ttabel yaitu 1,9944. Hasil perhitungan uji-t yaitu thitung > ttabel (3,119 > 1,9944), sehingga hipotesis alternatif Ha (Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan Model Problem Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan model ekspositori) diterima dan hipotesis nilil H0 ditolak. Selanjutnya dilakukan perhitungn uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui keefektifan relatf dari penerapan model Probel Based Learnng. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif (ER) menunjukkan bahwa model Probel Based Learnng memiliki keefektifan relatif sebesar 96,19%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Probel Based Learnng saat pembelajaran Matematika pokok bahasan FPB dan KPK memiliki pengaruh yang signifikan. Sudah selayaknya model Probel Based Learnng dijadikan alternatif bagi guru untuk merancang pembelajaran di kelas, khususnya mata pelajaran Matematika pokok bahsan FPB dan KPK. Penelitian ini juga dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210204132;-
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectFPB dan KPKen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan FPB dan KPK Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Devi Sekarsari - 150210204132_1.pdf2.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools