Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91608
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSunardi-
dc.contributor.advisorSetiawan, Toto’ Bara-
dc.contributor.authorSaputri, Adhila Nuril-
dc.date.accessioned2019-08-09T07:24:02Z-
dc.date.available2019-08-09T07:24:02Z-
dc.date.issued2019-08-09-
dc.identifier.nim150210101107-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91608-
dc.description.abstractAnalisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Materi Balok dan Kubus Ditinjau dari Kecerdasan Emosional, Adhila Nuril Saputri, 2019, 80 halaman, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Matematika merupakan ilmu dasar yang berkembang sangat pesat baik dari materi maupun kegunaannya. Pemahaman matematika tidak hanya sekedar mengetahui atau memiliki pengetahuan mengenai suatu konsep saja, tetapi juga harus memahami konsep tersebut, namun masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam pelajaran matematika. Salah satu kesuitan belajar pada matematika yaitu pada materi balok dan kubus. Kesulitan siswa pada materi balok dan kubus yaitu kesulitan pada penguasaan konsep, menentukan rumus, dan menggunakan rumus balok maupun kubus. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Pemahaman suatu konsep matematika merupakan hasil dari konstruksi dan rekonstruksi terhadap objek-objek matematika. Konstruksi dan rekonstruksi tersebut dilakukan melalui aktifitas berupa aksi-aksi matematika, proses-proses, objek-objek yang diorganisasikan dalam skema untuk memecahkan suatu masalah (Dubinsky, 2001: 6). Pemahaman terhadap konsep matematika siswa dapat dianalisis melalui teori APOS ( Action, Prosesses, Object, and Skema). Kecerdasan Emosional merupakan salah satu faktor yang dimiliki oleh siswa untuk mencapai kualitas belajar yang lebih baik, terutama dalam pemahaman suatu materi pembelajaran. Menurut penelitian yang telah dilakukan pakar psikologi, dinyatakan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting dari pada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang termasuk dalam kesuksesan belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa berdasarkan teori APOS pada materi balok dan kubus ditinjau dari kecerdasan emosional.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectTeori APOSen_US
dc.titleAnalisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos Materi Balok Dan Kubus Ditinjau Dari Kecerdasan Emosionalen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Adhila Nuril Saputri - 150210101107.Sdh.pdf2.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools