Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91278
Title: Pengaruh Jenis Pelumas Pada Bantalan Tipe Single Row Deep Groove Ball Bearing Terhadap Rolling Resistance
Authors: JATISUKAMTO, Gaguk
FACHRI, Boy Arief
SHOLIHA, Zhahra Hanif
Keywords: Teknik mesin
Bantalan
Bantalan bola radial
Momen Inersia Polar
Single row deep groove ball bearing
Rolling resistance
Issue Date: 14-Jun-2019
Abstract: Mobil listrik merupakan transportasi ramah lingkungan yang mulai dikembangkan di Indonesia karena tidak menghasilkan emisi gas buang. Mobil listrik di desain dengan mempertimbangkan kinerja kendaraan seperti berat kendaraan, hambatan aerodinamis dan hambatan gelinding (rolling resistance). Rolling resistance adalah tahanan akibat adanya gaya gesekan yang terjadi antara sebuah elemen terhadap suatu permukaan. Angka rolling resistance dipengaruhi oleh kompenen kendaraan yang berputar yaitu bantalan dan juga pelumas bantalan. Bantalan (bearing) adalah elemen mesin yang berfungsi untuk menumpu poros dalam kondisi berputar dan menahan beban pada saat bergerak. Pelumasan pada bantalan bertujuan untuk mengurangi gaya gesek yang terjadi pada komponen yang bersinggungan. Permasalahan mobil listrik yang berkaitan dengan pelumasan pada bearing terhadap nilai rolling resistance masih sangat sedikit. Penelitian ini mengkaji pengaruh pelumasan pada kinerja mobil listrik. Produk pelumas yang digunakan adalah tipe pelumas ISO VG 15, SAE 40W-10 dan NLGI 3. Berdasarkan hasil penelitian, viskositas suatu pelumas dapat mempengaruhi nilai coefficient rolling resistance (Cr). Semakin tinggi nilai viskositas suatu pelumas maka nilai Cr yang dihasilkan akan semakin meningkat. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, meningkatnya nilai Cr berbanding lurus dengan peningkatan gaya rolling resistance (Fr). Nilai Fr tertinggi terjadi pada pelumas tipe NLGI 3 atau pelumas tipe grease penetrasi 220 – 250 terhadap single row deep grove ball bearing 6000 2RS dengan nilai 1.17 N. Nilai Fr terendah terjadi pada kombinasi pengujian pelumas tipe ISO VG 15 nilai viskositas ± 15 cSt pada 40OC terhadap single row deep grove ball bearing 6000 2RS dengan nilai 0.419 N.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91278
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zhahra Hanif Sholiha-171910101113.pdf3.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools