Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91211
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorArief Rijadi-
dc.contributor.advisorFuroidatul Husniah-
dc.contributor.authorASRI, Iswaraning-
dc.date.accessioned2019-06-11T08:30:00Z-
dc.date.available2019-06-11T08:30:00Z-
dc.date.issued2019-06-11-
dc.identifier.nim140210402008-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91211-
dc.description.abstractInterferensi adalah peristiwa kontak bahasa antara satu bahasa dengan lainnya saling berpengaruh, sehingga saling mengacaukan sistem dari masingmasing bahasa tersebut. Pada anak usia 3-4 tahun yang sedang menempuh bangku PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sering ditemukan interferensi leksikal yang berupa kosa kata dari unsur bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia. Interferensi leksikal cenderung lebih banyak ditemukan daripada jenis interferensi yang lain karena interferensi leksikal lebih mudah dan sering terjadi pada masyarakat yang memiliki kecenderungan sebagai dwibahasawan seperti halnya di Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Anak usia 3-4 tahun masih mengalami perkembangan bahasa,sehingga tanpa mereka sadari bahasa pertama masih mempengaruhi. Jika bahasa anak tidak diperhatikan sejak dini akan terbawa sampai ia dewasa, sehingga peran guru sangat penting dalam hal ini. Guru harus memperhatikan bahasa yang diucapkan anak ketika ia mengikuti pembelajaran PAUD agar tidak banyak mengalami interferensi. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai (1) interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia yang diucapkan anak usia 3-4 tahun berdasarkan kategori kata, (2) interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia yang diucapkan anak usia 3-4 tahun berdasarkan makna leksikal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan anak usia 3-4 tahun yang diindikasi adanya interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam kategori kata dan makna leksikalnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas, (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori kata yang muncul pada interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia yang digunakan siswa yaitu : kata kerja, kata benda, kata sifat, kata ganti, dan kata penghubung. Kategori kata yang tidak muncul dalam data adalah kata sapaan, kata partikel, kata penunjuk, kata bilangan, kata penyangkal, kata depan, dan kata sandang. Makna interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Sekar Arum yaitu, makna konseptual. Makna konseptual atau makna langsung berkenaan adalah makna kata yang didasarkan atas penunjukkan yang langsung pada objek di luar bahasa. Makna yang tidak muncul dalam data yaitu makna kiasan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang dapat diberikan sebagai berikut. (1) Bagi guru di sekolah terutama PAUD, penelitian ini diharapkan untuk guru lebih memperhatikan kosa kata yang digunakan siswa pada saat pembelajaran agar meminimalisir terjadinya interferensi sejak dini. (2) Bagi mahasiswa dan pengajar mata kuliah sosiolinguistik, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan diskusi dalam perkuliahan. (3) Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan ruang lingkup yang lebih luas, antara lain faktorfaktor penyebab atau yang mempengaruhi terjadinya interferensi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectInterferensi Leksikalen_US
dc.subjectBahasa jawaen_US
dc.subjectBahasa Indonesiaen_US
dc.subjectAnak usia 3-4 Tahunen_US
dc.titleInterferensi Leksikal Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Sekar Arum Banyuwangien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Iswaraning Asri-140210402008.pdf1.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools