Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91013
Title: Nilai–Nilai Religius Dalam Novel Bercinta Dalam Tahajjudku Karya Anshela Sebagai Alternatif Materi Apresiasi Sastra Di Sma
Authors: WIDAYATI, Endang Sri
HUSNIAH, Furoidatul
DISTYA, Chenna Dio
Keywords: Nilai – Nilai Religius
Novel “ Bercinta Dalam Tahajjudku”
Novel
genre karya sastra
karya sastra
Bercinta Dalam Tahajjudku
Issue Date: 29-May-2019
Series/Report no.: 110210402059;
Abstract: Novel adalah salah satu genre karya sastra yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang. Novel ―Bercinta Dalam Tahajjudku‖ karya Anshela memuat banyak nilai kehidupan, khususnya Nilai religious. Dalam novel tersebut pengarang menggambarkan ketaatan atau kepatuhan manusia kepada Tuhan sesuai dengan keyakinannya yang meliputi akidah, syari‘at, dan akhlak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana unsur Tokoh utama dan Tema dalam Novel “Bercinta Dalam Tahajjudku” karya Anshela?, (2) Bagaimanakah nilai-nilai religius dalam novel “Bercinta Dalam Tahajjudku” karya Anshela?, (3) Bagaimanakah pemanfaatan novel “Bercinta Dalam Tahajjudku” sebagai alternative materi apresiasi sastra di SMA? Jenis penelitian bersifat kualitatif dan rancangan penelitian bersifat deskriptif. Data yang dianalisis dalam penelitian berupa kutipan-kutipan kalimat yang berisi unsur intrinsik dan nilai-nilai religius. Tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi. Instrumen penelitian yang ada dalam penelitian adalah peneliti yang berperan sebagai pengumpul data yang dibantu oleh instrumen pendukung berupa laptop dan novel “Bercinta Dalam Tahajjudku”. Tehnik analisis data dalam penelitian adalah membaca novel, mendeskripsikan, menginterpretasi, dan mengapresiasi data. Hasil analisis penelitian meliputi tokoh utama yang ada dalam novel yaitu Kisi. Tema dalam novel yaitu keyakinan seseorang bahwa dengan mengingat Allah akan memberi semangat untuk terus melangkah dalam kehidupan. Nilai religius tersebut dapat dijadikan bahan penyususnan alternatif materi pembelajaran sastra kelas XII di SMA dengan Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis teks cerita sejarah,berita, iklan, editorial/opini, dan novel baik melalui lisan maupun tulisan. Saran yang diberikan adalah: (1) bagi guru, menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternative materi pembelajaran sastra, (2) bagi calon penelitian lain disarankan untuk mengkaji novel dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dan diharapkan untuk meneliti fokus yang lebih dalam
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91013
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Chenna Dio Distya-110210402059-bak.pdf921.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools