Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90906
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Akhmad Taufiq | - |
dc.contributor.advisor | Furoidatul Husniah | - |
dc.contributor.author | AZIZAH S., Arina | - |
dc.date.accessioned | 2019-05-20T01:32:29Z | - |
dc.date.available | 2019-05-20T01:32:29Z | - |
dc.date.issued | 2019-05-20 | - |
dc.identifier.nim | 110210402052 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90906 | - |
dc.description.abstract | Nilai-nilai pendidikan merupakan suatu hal yang bertujuan untuk mengembankan potensi diri serta membentuk manusia yang lebih berkualitas yang diperoleh melalui proses pengajaran. Tere Liye merupakan salah satu novelis yang dalam karya-karyanya terdapat nilai-nilai pendidikan yang dapat memotivasi pembaca. Peneliti memilih novel Hafalan Salat Delisa karena dalam novel tersebut terdapat usaha sesorang dalam menghafal bacaan salat dan nilai-nilai pendidikan. Nilai-nilai pendidikan tersebut adalah nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, dan nilai pendidikan sosial. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan dalam novel Hafalan Salat Delisa karya Tere Liye?, (2) Bagaimanakah pemanfaatan nilai-nilai pendidikan dalam novel Hafalan Salat Delisa karya Tere Liye sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA? Jenis penelitian bersifat kualitatif dan rancangan penelitian bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa tulisan, baik bentuk kata-kata, kalimat, maupun paragraf yang mengindikasikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hafalan Salat Delisa. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Hafalan Salat Delisa karya Tere Liye cetakan ke-6 yang diterbitkan oleh Repubika Penerbit pada bulan januari 2008. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Instrumen penelitian yang ada dalam penelitian adalah tabel pemandu pengumpul data dan tabel pemandu analisis data. Teknis analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan dalam penelitian ini berupa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hafalan Salat Delisa. Pertama, nilai pendidikan religius yang terdapat dalam novel Hafalan Salat Delisa meliputi tentang seorang anak yang berusaha belajar menghafal bacaan salat dari mulai tidak bisa menghafal sampai dapat menghafal dengan sempurna, berdoa meminta petunjuk Allah atas segala sesuatu masalah yang datang dalam kehidupan, berzikir atau selalu mengingat lafal Allah SWT yang telah memberikan kehidupan, mengaji setiap selesai salat agar selalu diberikan ketenangan dalam hidup, mencintai segala sesuatu karena Allah karena segala sesuatu hadir dan muncul atas ridha Allah SWT, selalu bersyukur atas kebaikan ataupun musibah yang datang dalam kehidupan,dan belajar selalu ikhlas dan menerima takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Kedua, nilai pendidikan moral yang terdapat dalam novel Hafalan Salat Delisa meliputi tanggung jawab terhadap setiap pekerjaan dan tidak membiasakan diri menundanunda pekerjaan, sabar dalam setiap kesulitan dan tidak mengeluh terhadap apa yang sudah dijalani baik berupa kesenangan ataupun penderitaan, disiplin terhadap waktu salat ataupun dalam melakukan sesuatu agar tidak menyesal telah kehilangan waktu dan kesempatan, mandiri untuk bisa bangkit mendirikan rumahnya kembali setelah terjadi bencana. Ketiga, nilai pendidikan sosial yang terdapat dalam novel Hafalan Salat Delisa meliputi rasa kepedulian terhadap sesama untuk membantu para korban bencana, saling tolong-menolong antar warga yang membutuhkan, peduli akan kepentingan keluarga dan lingkungan masyarakat, toleransi antarumat beragama, dan cinta terhadap bangsa. Kajian dalam penelitian ini dapat diterapkan pada pembelajaran sastra di SMA kelas XII yang berpedoman pada kurikulum 2013. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Hafalan Salat Delisa karya Tere Liye mengajarkan manusia untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sesuai ajaran agama yang ditetapkan Allah, tingkah laku dan sikap yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dan hidup saling membantu sesama warga. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA berupa teks nilai pendidikan religius, moral, dan sosial yang terdapat dalam novel dan diharapkan siswa mampu menafsirkan makna yang ada dalam teks novel. Saran yang dapat diberikan setelah menemukan hasil dan pembahasan tentang nilai-nilai pendidikan dalam novel Hafalan Salat Delisa karya Tere Liye adalah penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk penelitian di masa yang akan datang dengan kajian yang tidak hanya terbatas pada nilai pendidikan religius, moral, dan sosial saja. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | HAFALAN SALAT DELISA | en_US |
dc.subject | APRESIASI SASTRA | en_US |
dc.subject | NILAI NILAI PENDIDIKAN | en_US |
dc.title | Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hafalan Salat Delisa Karya Tere Liye dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Arina Azizah S-110210402052.pdf | 3.49 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools