Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90822
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUNARDI-
dc.contributor.advisorSUHARTO-
dc.contributor.authorCAHYA, R. Aj. Rafika-
dc.date.accessioned2019-05-08T06:21:18Z-
dc.date.available2019-05-08T06:21:18Z-
dc.date.issued2019-05-07-
dc.identifier.nim140210101077-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90822-
dc.description.abstractModel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa. Dalam penelitian ini, siswa diikutsertakan langsung dalam mengorientasikan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan cara menyelesaikan yang disediakan dalam LKS, sehingga siswa bisa dengan mudah menemukan dan memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar induksi matematika. Pengambilan data dilakukan di SMKN 2 Jember pada tanggal 29 Oktober dan 5-6 November 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TR dan XI AV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas dan hasil belajar. Uji T kreativitas menunjukkan thitung = 39,76 dan uji T hasil belajar menunjukkan thitung = 34,273. Saran yang dapat ditujukan kepada guru matematika adalah diharapkan seorang guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan kepada peniliti lanjut adalah dapat melakukan pengujian ulang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel pembelajaranen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectPembelajaran matematikaen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Induksi Matematikaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
R. Aj. Rafika Cahya-140210101077.pdf3.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools