Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90807
Title: | Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Menggunakan Model Pengembangan 4D |
Authors: | NA'IM, Mohamad SUMARDI HIKMAH, Nuru |
Keywords: | Modul interaktif Kvisoft Flipbook Maker Media pembelajaran |
Issue Date: | 7-May-2019 |
Abstract: | Bahan ajar yang digunakan peserta didik dalam pembelajaran belum mampu menumbuhkan kemampuan peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri serta peserta didik belum mampu dalam mengkonstruksi pemahamannya. Fakta dilapangan menunjukkan pembelajaran sejarah disekolah cenderung masih menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan LKS. Bahan ajar yang digunakan disekolah kurang menarik peserta didik dalam pembelajaran sejarah karena kurang berkaitan dengan kemajuan IPTEK masa kini. Untuk itu perlunya tersedia suatu modul interaktif. Dengan menggunakan bahan ajar yang inovatif, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuannya untuk belajar melalui inisiatifnya sendiri dan mampu belajar secara mandiri tanpa adanya pendidik. penelitian ini mengidentifikasi mengenai analisis kebutuhan peseta didik akan bahan ajar yang inovatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Maker menggunakan model 4D pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA?; (2) bagaimana tingkat efektivitas modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Maker menggunakan model 4D sebagai sumber belajar pada mata p Pengembangan modul interaktif ini menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan dalam model pengembangan ini yaitu define (definisian), design (perancangan), develop (pengembangan) ,dan disseminate (penyebaran). Produk modul interaktif yang dihasilkan tersebut selanjutnya divalidasi oleh ahli materi, bahasa, media dan desain pembelajaran. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kualifikasi sangat baik dengan persertase 92,5%, hasil validasi ahli bahasa 83,3 %, hasil validasi ahli desain dan media 91,42 %. Validator ahli lapangan yaitu pendidik dan peserta didik. Hasil uji coba pengguna yang melibatkan pendidik mencapai persentase 91% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji beda (paired sample t-test) kelompok kecil yang melibatkan 9 peserta didik menghasilkan nilai nilaithitung = 19.000 ≥ ttabel,05;09 = 2.262 dengan nilai signifikansi = 0.000 <ɑ = 0.050 yang menunjukan modul interaktif yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran. Kemudian dengan menggunakan rumus N-gain yang digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas didapat nilai 0.66% yang berkategori keefektivan sedang. Sedangkan hasil uji beda (paired sample t-test) uji coba kelompok besar yang melibatkan 35 peserta didik menghasilkan dengan nilai thitung = 24.554 ≥ ttabel,05;35 = 2.030 dengan nilai signifikansi = 0.000 <ɑ = 0.050 yang menunjukan modul interaktif yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran. Kemudian dengan menggunakan rumus N-gain yang digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas didapat nilai 0,73% yang berkategori keefektivas tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul interaktif dangan efektif dalam pencapaian tujuan pembelajaran sejarah dan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri. Kesimpulan dari penelitian pengembangan diatas adalah (1) hasil validasi ahli terhadap produk pengembangan modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Makermasuk dalam kategori baik; (2) mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran peserta didik sebelum diterapkannya modul interaktif berbasis kvisoft flipbook maker dengan setelah diterapkannya modul berbasis kvisoft flipbook maker |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90807 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nurul Hikmah-140210302077.pdf | 3.24 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools