Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90694
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | KARTINI, Titin | - |
dc.contributor.advisor | DJAJA, Sutrisno | - |
dc.contributor.author | HASANAH, Wirdatun | - |
dc.date.accessioned | 2019-04-26T01:15:30Z | - |
dc.date.available | 2019-04-26T01:15:30Z | - |
dc.date.issued | 2019-04-26 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210301068 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90694 | - |
dc.description.abstract | Belajar merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang agar dapat mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Namun kegiatan belajar tidak senantiasa berhasil, seringkali terjadi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Kesulitan belajar ini biasanya sering terjadi karena siswa tidak mampu mengaitkan antara pengetahuan baru dengan pengetahuan lamanya sehingga menimbulkan ketidakpahaman atau ketidakjelasan terhadap suatu pelajaran. Selain itu, kesulitan belajar juga sering dialami oleh siswa dalam beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit, salah satunya yaitu akuntansi pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian. Jurnal penyesuaian ini tidak hanya memahami konsep teori saja, namun harus terampil dalam menghitung. Selain itu, materi ini juga membutuhkan pemahaman siswa dalam menganalisis setiap transaksi soal ayat jurnal penyesuaian dan ketelitian siswa dalam melakukan perhitungan maupun pencatatan. Sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian. Kesulitan yang dialami oleh siswa pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian ini yaitu ketika menentukan akun, kesalahan dalam menghitung, maupun kesalahan dalam menganilisis soal ayat jurnal penyesuaian. Siswa yang mengalami kesulitan belajar akan ditandai dengan nilai yang rendah. Kesulitan belajar ini dapat dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu pertama faktor internal meliputi fisiologis, inteligensi, perhatian, minat, motif, kesiapan, dan kelelahan. Kemudian faktor yang kedua yaitu faktor eksternal meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyebab kesulitan belajar siswa kelas XII IPS 3 di MAN 1 Jember kompetensi dasar jurnal penyesuaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area. Teknis pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XII IPS 3 di MAN 1 Jember dalam mempelajari jurnal penyesuaian yaitu faktor fisiologis dimana75% siswa menyatakan kantuk pada saat jurnal penyesuaian berlangsung, kemudian 25% siswa menyatakan memiliki gangguan penglihatan. Faktor minat, 92% siswa menyatakan tidak tertarik untuk mempelajari jurnal penyesuaian, 67% siswa menyatakan kadang menjawab jika mereka bisa atau pertanyaan guru tidak sulit untuk dijawab, 50% siswa menyatakan kadang mencatat dan 8% siswa menyatakan tidak mencatat. Motif siswa, 92% siswa menyatakan kadang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Intelligensi, 75% siswa menyatakan bahwa materi jurnal penyesuaian sulit sedangkan 25% siswa menyatakan jurnal penyesuaian cukup sulit untuk dipelajari dan di pahami. Kesiapan, 92% siswa menyatakan tidak menyiapkan atau mempelajari materi jurnal penyesuaian yang akan dipelajari esok harinya. Perhatian, 92% siswa menyatakan kadang memperhatikan apa yang sedang dijelaskan oleh guru, 67% siswa menyatakan media pembelajaran guru tidak menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran akuntansi sub bab ayat jurnal penyesuaian. Faktor kelelahan, 33% siswa menyatakan kelelahan saat materi jurnal penyesuaian berlangsung. Faktor keluarga (eksternal), 50% siswa menyatakan sarana dan prasarana masih belum terpenuhi. Faktor sekolah (eksternal), 92% siswa menyatakan sarana dan prasarana sekolah kurang lengkap. Faktor masyarakat (eksternal), 67% siswa menyatakan teman sebangkunya sering mengajak mengobrol pada saat materi jurnal penyesuaian berlangsung. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210301068; | - |
dc.subject | Kesulitan Belajar Siswa | en_US |
dc.subject | Jurnal Penyesuaian | en_US |
dc.title | Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Di Kelas Xii Ips 3 Man 1 Jember | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Wirdatun Hasanah-140210301068_.pdf | 2.99 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools