Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90637
Title: Pelayanan Tour Guide Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Di Treasure Bay Bintan
Authors: LOKAPRASIDHA, Pramesi
UBAIDILLAH, Mochamad
Keywords: Tour Guide
Treasure Bay
Issue Date: 25-Apr-2019
Series/Report no.: 150903102006;
Abstract: Industri pariwisata di bidang jasa seperti PT. Bintan Hotel Utama atau Treasure Bay Bintan merupakan industri pariwisata yang memiliki kelebihan – kelebihan khusus yang tidak mungkin didapatkan dari produk industri lain. Treasure Bay Bintan saat ini menjadi kawasan recreation terbesar di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara dan satu-satunya di Kawasan Pariwisata Lagoi Bintan Kepuluan Riau. Dengan adanya tempat recreation terbesar tersebut akan dapat menambah pelayanan di bidang transportasi, akomodasi, fasilitas, tempat wisata dan hiburan. Setiap recreation yang dijual dan ditawarkan kepada wisatawan, pihak Treasure Bay Bintan selalu memberikan pelayanan jasa dengan melibatkan seorang tour guide di dalam aktivitas wisatawan untuk menjaga fasilitas perusahaan dari kerusakan, menjaga keamanan wisatawan, memberikan informasi tentang Treasure Bay Bintan, bertanggung jawab dalam memberikan kesan terbaik perusahaan kepada semua wisatawan sebagai salah satu upaya meningkatkan kepuasan wisatawan. Pelayanan yang diberikan oleh tour guide pada Treasure Bay Bintan, diberikan sejak tamu tersebut datang hingga kembali. Guide di Treasure Bay Bintan harus memiliki personality yang baik dan wawasan luas agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan. Tugas tour guide di Treasure Bay Bintan telah diatur dalam standard operational procedure seperti menyambut wisatawan, penjemputan wisatawan, bertanggung jawab pada fasilitas permainan atau activity seperti electric scooter, mini atv, e-train, segway dan airsoft gun. Dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan terdapat beberapa unsur yang perlu tour guide ketahui seperti kualitas pelayanan tour guide, kepuasan pelanggan, kepribadian tour guide dan standar operasional prosedur di Treasure Bay Bintan. Tour guide di Treasure Bay Bintan sudah melakukan role play yang seharusnya diterapkan kepada wisatawan, hal tersebut membuktikan bahwa tugas seorang tour guide berhasil dalam meningkatkan kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya guest comment wisatawan yang ada di TripAdvisor. Tour guide di Treasure Bay mampu bekerja secara profesional dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada tamu, sehingga dapat memberikan keuntungan serta pengalaman yang berkesan bagi wisatawan dan perusahaan Treasure Bay Bintan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90637
Appears in Collections:DP-Travel Agent

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mochamad Ubaidillah-150903102006_.pdf1.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.