Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90606
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPRIHATIN, Jekti-
dc.contributor.advisorFIKRI, Kamalia-
dc.contributor.authorHANDAYANI, Ena Milada Tri-
dc.date.accessioned2019-04-23T06:39:06Z-
dc.date.available2019-04-23T06:39:06Z-
dc.date.issued2019-04-23-
dc.identifier.nim150210103097-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90606-
dc.description.abstractProses pengembangan model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini menggunakan desain penelitian 4D, namun hanya 3 tahap saja yang digunakan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL yang valid digunakan untuk pembelajaran IPA siswa SMP yaitu memiliki sintakmatik yang terdiri tahapan guru memberikan materi pembelajaran, guru membagi siswa untuk berkelompok dengan jumlah 4 siswa setiap kelompok, memberikan tugas kepada siswa, pemberian 2 kartu pendapat kepada setiap siswa untuk mengemukakan pendapat. Sistem sosial pada model kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini adalah pembentukan kelompok untuk dapat berdiskusi dan anggota kelompok dibentuk secara heterogen untuk bertukar informasi dan diskusi. Prinsip reaksi model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL yaitu guru sebagai fasilitator siswa dalam melakukan diskusi, pengamatan di dalam kelas maupun di luar kelas, mengemukakan pendapat, serta membuat kesimpualan dalam pembelajaran. Sistem pendukung dalam model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa), menggunakan power point, menggunakan tumbuhan asli dan hewan yang telah diawetkan, serta membuat pertanyaan. Dampak Intruksional model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini membuat siswa merasa senang untuk belajar sehingga hasil belajar dan retensi belajar meningkat. Dampak pengiring model pembelajaran kolaboratif Talking Chips yaitu siswa dapat aktif dalam diskusi, mampu memecahkan masalah sendiri, mampu menghargai pendapat teman sehingga meningkatkan hasil belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Kolaboratif Talking Chips Berbasis Brain-based Learningen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Talking Chips berbasis Brain- Based Learning (BBL) untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistemen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ena Milada Tri Handayani-150210103097 a.pdf8.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools