Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90414
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIMSIYAH, Niswatul-
dc.contributor.advisorARIEFIANTO, Lutfi-
dc.contributor.authorSEPTIAN, Alvin-
dc.date.accessioned2019-04-11T09:02:06Z-
dc.date.available2019-04-11T09:02:06Z-
dc.date.issued2019-04-11-
dc.identifier.nimNIM140210201013-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90414-
dc.description.abstractPengelolaan pembelajaran dalam suatu lembaga kursus merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, karena manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada kegiatan merencanakan pembelajaran, instruktur menentukan tujuan pembelajaran, yakni tujuan yang ingin dicapai setelah terjadinya proses kegiatan pembelajaran. Oleh karena itulah, untuk mendapatkan proses pembelajaran yang berkualitas dan maksimal, maka dibutuhkan adanya perencanaan. Pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran, instruktur melaksanakan rencana kegiatan pembelajaran yang telah dibuat di awal dalam perangkat pembelajaran, guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada kegiatan mengevaluasi pembelajaran, pendidik melakukan penilaian (evaluasi) terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Dalam kegiatan menilai itu lah pendidik dapat menemukan bagaimana proses berlangsungnya pembelajaran serta sejauh mana tujuan pembelajaran dapat tercapai. Manajemen pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran karena berpengaruh terhadap hasil belajar peserta kursus mengemudi. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan manajemen pembelajaran terhadap hasil belajar peserta kursus pada lembaga kursus mengemudi “PRIVATE” Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen pembelajaran terhadap hasil belajar peserta kursus mengemudi pada lembaga kursus mengemudi “PRIVATE”Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian adalah LKP “PRIVATE” di Jl. Gajah Mada No.203, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Penentuan daerah menggunakan metode Purposive area. Teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Supaya kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik keabsahan data yakni perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dalam penelitian ini peneliti memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran yang dilakukan lembaga “PRIVATE” adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan pembelajaran meliputi rancangan pelaksanaan pembelajaran atau silabus instruktur mengikuti apa yang sudah ada di dalam kurikulum. Materi yang disampaikan adalah pengetahuan yang dapat mengembangkan keterampilan peserta kursus dalam mengemudi sehingga peserta kursus mampu mengembangkan pengetahuannya, perubahan sikap, dan ketrampilan dalam mengemudi. Dalam pelaksanaannya terhadap hasil belajar instruktur melaksanakan rencana kegiatan pembelajaran yang telah dibuat di awal dalam perangkat pembelajaran. Selanjutnya dalam Penilaian atau evaluasi yang dilakukan, menggunakan prosedur dan instrumen untuk mengetahui pencapaian kompetensi dasar dan disesuaikan dengan yang ada pada kurikulum. Evaluasi yang dilakukan pada hasil belajar dapat dilakukan ketika saat selesai proses pemberian materi dan praktik, setiap selesai proses pembelajaran instruktur selalu memberikan evaluasi kepada peserta kursus mengemudi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Lembaga Kursus mengemudi “PRIVATE” Jember menerapkan manajemen pembelajaran dalam melakukan pembelajarannya. Saran yang diberikan peneliti Sebaiknya instruktur dapat memberikan pembelajaran yang lebih bervariasi dan tidak selalu secara lisan dan praktik saja dalam memberi pemahaman kepada peserta akan tetapi lebih menggunakan variasi media-media lainnya untuk memberi pemahaman kepada peserta kursus.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210201013;-
dc.subjectManajemen Pembelajaranen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectKursus Mengemudien_US
dc.subjectPrivateen_US
dc.titlePenerapan Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Kursus Pada Lembaga Kursus Mengemudi Private Kabupaten Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alvin Septian -140210201013.pdf_.pdf3.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools