Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90379
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Software Lectora Inspire Pada Materi Permutasi Dan Kombinasi Kelas XII MAN 1 Jember
Authors: Hobri
Dafik
Prasetyo, Reza Rizaldy
Keywords: Pembelajaran Interaktif Online
Software Lectora Inspire
Issue Date: 11-Apr-2019
Abstract: Kecanggihan teknologi dan informasi perlu dikembangkan dalam pendidikan. Pemanfaatan perkembangan teknologi diharapkan mampu mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan, termasuk matematika. Teknologi dalam pendidikan perlu dikembangkan oleh seluruh komponen pendidik di indonesia. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam matematika guru sebagai fasilitator dan peserta didik diharapkan mampu membangun permasalahan matematika dalam kehidupan nyata yang kemudian dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran. Lectora inspire dikenal sebagai pembuat media pembelajaran. Lectora sebagai media pembelajaran interaktif di dalamnya memuat kategori tutorial, drill and practice, dan simulasi. Lectora menyampaikan informasi atau pesan berupa suatu konsep yang disajikan di layar komputer dengan menggunakan teks, bagan, dan atau grafik. Media pembelajaran ini dapat digunakan secara langsung tanpa harus menginstall terlebih dahulu pada PC. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan software lectora inspire pada materi permutasi dan kombinasi. Hasil dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk media pembelajaran matematika berbantuan aplikasi lectora inspire dan dapat diakses secara online melalui google classroom. Model yang digunakan adalah model ADDIE yang merupakang singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Pada tahap analisis kurikulum dimana peneliti menganalisis kurikulum yang digunakan tiap sekolah. Kurikulum yang digunakan tiap sekolah kebanyakan adalah kurikulum 2013 (K-13) dan didapatkan sekolah menggunakan kurikulum 2013. Pada tahap ini pula ditemukan bahwa kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai sarana dalam proses belajar. Pada tahap perancangan merupakan tahap selanjutnya setelah menemukan permasalahan di sekolah MAN 1 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90379
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Reza Rizaldy Prasetyo-140210101013 Sdh.pdf2.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools