Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89855
Title: Status Riwayat Pengobatan dan Faktor-faktor Lain pada Kejadian Putus Berobat Pasien Multiple Drug Resistant Tuberculosis (MDR TB)
Authors: Pralampita, Pulong Wijang
Abrori, Cholis
Norandari, Adisty
Keywords: Status Riwayat Pengobatan dan Faktor-faktor Lain pada Kejadian Putus Berobat Pasien Multiple Drug Resistant Tuberculosis
Issue Date: 26-Mar-2019
Abstract: Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pasien TB yang memiliki riwayat putus berobat atau default meningkatkan risiko terjadinya Multiple Drug Resistant Tuberculosis (MDR TB). MDR TB merupakan resistansi bakteri terhadap minimal dua obat anti TB lini pertama. Riwayat pengobatan pasien yang pernah mendapat obat antituberkulosis sebelum pengobatan MDR TB diduga menjadi penyebab pasien tidak tuntas menyelesaikan pengobatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian putus berobat pada pasien MDR TB. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam penanganan terapi pada pasien MDR TB serta menurunkan angka kejadian putus berobat pada kasus MDR TB.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89855
Appears in Collections:UT-Faculty of Medical

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Adisty Norandari-152010101080.pdf4.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools