Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89718
Title: Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Sulawesi Di Jember
Authors: SUTRISNO
PRAMONO, Rudy Eko
HASANAH, Siti Toyibatul
Keywords: Motivasi
Kinerja Karyawan
Issue Date: 4-Mar-2019
Series/Report no.: 130910202043;
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait penurunan kinerja karyawan Hotel Sulawesi beberapa tahun terakhir. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan antara lain: motivasi, kepuasan kerja, tingkat stress kerja, kondisi fisik, pekerjaan, sistem kompensasi dan aspek-aspek ekonomi. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan memberikan motivasi. Pemberian motivasi sangat penting dilakukan agar karyawan dalam berkerja dapat memberikan yang terbaik bagi perusahaan yang secara langsung akan berdampak terhadap kinerja dari karyawan tersebut. Motivasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan suatu aktifitas kerja. Motivasi mendorong timbulnya perilaku yang mempengaruhi, serta berfungsi sebagai pendorong dan penggerak. Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai sebagian besar bergantung pada motivasi karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Seorang karyawan yang memiliki motivasi tinggi dalam berkerja cenderung akan memberikan hasil yang baik bagi perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel independent dalam penelitian ini adalah motivasi, dan variabel dependent yaitu kinerja karyawan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan operasional Hotel Sulawesi dari departemen Front Office, Front Food and beverage, Kichen, Room boy, Laundry, Engineering, Driver, Gardener, Security,Logistik dan Linen yang berjumlah 45 orang. Alasan pemilihan populasi ini karena pentingnya karyawan operasional sebagai pelaksana kegiatan operasional Hotel Sulawesi untuk mencapai kinerja yang baik. Pada penelitian ini tidak ada teknik pengambilan sampel, karena seluruh populasi yakni karyawan operasional yang berjumlah 45 dijadikan sebagai sampel sehingga sampelnya merupakan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresii linier sederhana, uji hipotesis (uji t) dan uji R² (koefisien determinasi). Hasil analisis regresi liniear sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara motivasi dengan kinerja kayawan. Artinya apabila motivasi semakin meningkat, maka kinerja karyawan akan mengalami peningkatan dengan asumsi variabel yang lainnya dianggap konstan atau sama dengan nol. Uji hipotesis menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada Hotel Sulawesi. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan pada Hotel Sulawesi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan meningkatnya motivasi, maka akan dapat meningkatkan kinerja karyawan Hotel Sulawsi. Sedangkan nilai r square menunjukkan bahwa variabel motivasi memberikan sumbangan/ kontribusi pengaruh terhadap kinerja karyawan pada Hotel Sulawesi. Sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian ini.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89718
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI TOYIBATUL HASANAH-130910202043.pdf3.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools