Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89510
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUtami, Awalia Firda-
dc.contributor.authorAstutik, Sri-
dc.contributor.authorMaryani, Maryani-
dc.date.accessioned2019-01-29T05:12:44Z-
dc.date.available2019-01-29T05:12:44Z-
dc.date.issued2019-01-29-
dc.identifier.issn2527-5917-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89510-
dc.descriptionPROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018 “Aktualisasi Peran Generasi Milenial Melalui Pendidikan, Pengembangan Sains, dan Teknologi dalam Menyongsong Generasi Emas 2045“en_US
dc.description.abstractBerpikir kritis merupakan suatu proses kognisi siswa secara secara mendalam yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan memenuhi indikator-indikator berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa dilatihkan dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. LKS ini disajikan dengan pengintegrasian model inkuiri terbimbing dan dalam setiap langkah model inkuiri terbimbing dan dalam setiap langkah model inkuiri terbimbing tersebut akan dimunculkan indikator kemampuan berpikir kritis. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah elementary clarification (memberikan penjelasan sederhana), basic support (membangun keterampilan dasar), inference (inferensi), advance clarification (membuat penjelasan lebih lanjut), dan strategy and tactics (strategi dan taktik). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 di MAN 3 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Tes kemampuan berpikir kritis ini berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa besar peningkatan tes kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 0, 37 dengan kategori sedang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLKSen_US
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titleLKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Termodinamikaen_US
dc.typeProsidingen_US
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Sri Astutik_LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN.pdf1.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.