Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89509
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | H Z Puspitaningrum | - |
dc.contributor.author | Astutik, Sri | - |
dc.contributor.author | Supeno, Supeno | - |
dc.date.accessioned | 2019-01-29T05:06:49Z | - |
dc.date.available | 2019-01-29T05:06:49Z | - |
dc.date.issued | 2019-01-29 | - |
dc.identifier.issn | 2477-1511 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89509 | - |
dc.description | Prosiding Quantum #25 "Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 2018 | en_US |
dc.description.abstract | Argumentasi ilmiah merupakan kemampuan kognitif siswa yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan bernalar, berpikir, mengeksplorasi, dan menjawab pertanyaan. Argumentasi ilmiah tepat digunakan untuk memperoleh produk dan proses sains siswa. Pembelajaran dengan proses sains salah satunya adalah melatihkan argumentasi ilmiah dengan cara kolaboratif. Sehingga tujuan penelitian adalah mengembangkan lembar kerja siswa collaborative creativity. Lembar kerja siswa collaborative creativity merupakan lembar kerja siswa yang menyajikan permasalahan yang disajikan pada tiap kelompok untuk didiskusikan dengan cara menggali ide secara kreatif setiap individu dan diselesaikan dengan menemukan ide-ide baru dan hasil individu digabung menjadi ide kelompok. Ide kelompok inilah yang akan dijadikan dasar untuk merumuskan masalah, menyusun hipotesis, dan memperoleh data dengan cara kolaboratif. Permasalahan pada Lembar Kerja Siswa collaborative creativity yaitu terdapat dua argumen yang saling bertentangan dan penyelesaiannya dengan melibatkan argumen yang disertai dengan bukti dan penjelasan terhadap argumen. Lembar Kerja Siswa collaborative creativity dapat menuntun siswa dalam kegiatan berkelompok sehingga memudahkan siswa dalam melatihkan argumentasi ilmiah. Lembar Kerja Siswa ini terdiri dari indikator berargumentasi ilmiah diantaranya adalah memberikan bukti dan justifikasi terhadap argumen, kontra argumen, dan sanggahan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Lembar Kerja Siswa | en_US |
dc.subject | Collaborative Creativity | en_US |
dc.subject | Argumentasi Ilmiah | en_US |
dc.title | Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity untuk Melatihkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA | en_US |
dc.type | Prosiding | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Prosiding_Sri Astutik_Lembar kerja siswa berbasis Collaborative Creativity.pdf | 804.3 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.