Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89506
Title: Kajian Dinamika Fluida pada Aliran Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso Sebagai Rancangan Handout Fisika
Authors: Aini, Dina Fadilah
Prastowo, Sri Handono Budi
Astutik, Sri
Keywords: Aliran air terjun
dinamika fluida
rancangan handout fisika
Issue Date: 29-Jan-2019
Abstract: Pembelajaran fisika di sekolah membutuhkan pembelajaran yang memuat fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari agar siswa mudah memahami materi yang akan diajarkan. Aliran air terjun Tancak Kembar merupakan salah satu contoh fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam materi fluida dinamis, sehingga dapat dijadikan penunjang untuk merancang bahan ajar yang bersifat kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika fluida pada aliran air terjun sebagai dasar rancangan bahan ajar berupa handout. Pengukuran lebar, kedalaman, dan luas penampang aliran dilakukan menggunakan penggaris Pengukuran debit aliran dan kecepatan aliran dilakukan dengan menggunakan Arduino Uno yang telah terintegrasi dengan Flow Water Sensor. Setelah mendapatkan data dari pengukuran langsung, maka peneliti melakukan crosscheck menggunakan perhitungan matematis. Pengukuran dilakukan pada hari dan jam yang berbeda dengan hasil rentang luas penampang dari 467 cm 2 sampai 828 cm 2 , kecepatan aliran dengan rentang antara 12,10 cm/s sampai 22,26 cm/s, dan debit aliran dengan rentang antara 10,1 L/s sampai 11 L/s. Hasil kajian dinamika fluida menunjukkan bahwa kecepatan aliran berbanding terbalik terhadap luas penampang sungai hal ini sesuai dengan hukum kontinuitas. Hasil tersebut dituangkan dalam bahan ajar kontekstual berupa handout.
Description: PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018 “Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Millenial Indonesia dalam Menuju SDGs 2030“
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89506
ISSN: 2527-5917
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.