Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89502
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMasinta, Anis Dwi-
dc.contributor.authorAstutik, Sri-
dc.contributor.authorPrastowo, Sri Handono Budi-
dc.date.accessioned2019-01-29T02:51:54Z-
dc.date.available2019-01-29T02:51:54Z-
dc.date.issued2019-01-29-
dc.identifier.issn2527-5917-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89502-
dc.descriptionPROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018 “Aktualisasi Peran Generasi Milenial Melalui Pendidikan, Pengembangan Sains, dan Teknologi dalam Menyongsong Generasi Emas 2045“en_US
dc.description.abstractPendidikan membekali generasi muda dengan keterampilan dan kompetensi dalam berkonstribusi secara aktif terhadap suatu sistem. Dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu sistem diperlukan suatu kreativitas. Berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah dalam menciptakan suatu keberhasilan. Salah satu pembelajaran yang menekankan kreativitas adalah pembelajaran fisika, dimana produk yang dikembangkan seorang fisikawan tidak dapat diabaikan potensi kreativitasnya. Kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah memiliki kaitan yang dapat ditinjau dari komponen kreativitas, yang meliputi: kefasihan, fleksibilitas, originalitas, dan keterincian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal problem solving materi elastisitas pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri Mumbulsari tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Instrumen penelitian berupa soal tes problem solving dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih dalam kategori kurang kreatif dengan dengan jumlah 93 siswa pada pokok bahasan elastisitas yang tergolong dalam kategori cukup kreatif adalah sebanyak 27 siswa, kategori kurang kreatif adalah sebanyak 45 siswa, kategori tidak kreatif adalah sebanyak 21 siswa. Hasil yang diperoleh didukung dengan adanya wawancara yang dilakukan peneliti dengan siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectIdentifikasien_US
dc.subjectkemampuan berpikir kreatifen_US
dc.subjectproblem solvingen_US
dc.subjectelastisitasen_US
dc.titleIdentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Problem Solving Materi Elastisitas pada Siswa SMAen_US
dc.typeProsidingen_US
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Sri Astutik_IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF.pdf1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.