Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89499
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPuspitasari, Fina-
dc.contributor.authorAstutik, Sri-
dc.contributor.authorSudarti, Sudarti-
dc.date.accessioned2019-01-29T02:34:24Z-
dc.date.available2019-01-29T02:34:24Z-
dc.date.issued2019-01-29-
dc.identifier.issn2527-5917-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89499-
dc.descriptionPROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018 “Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Millenial Indonesia dalam Menuju SDGs 2030“en_US
dc.description.abstractModel pembelajaran Collaborative Creativity merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada kreativitas dan kemampuan menyampaikan pendapat siswa. Siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengeksplorasi idenya berkaitan dengan permasalahan-permasalahan fisika. Pembelajaran menggunakan model Collaborative Creativity ini menggunakan metode pembelajaran student center learning, sehingga dalam pembelajaran siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai pemberi rangsangan saja. Guru memberikan pernasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan fisika sedangkan siswa menentukan hipotesis, lalu bereksperimen untuk menguji hipotesis, kemudian menjawab analisa data agar dapat memberikan kesimpulan. Seluruh kegiatan dilakukan siswa melalui diskusi dengan temannya. Siswa melakukan diskusi dengan 2 tahap, yang pertama dengan kelompok kecil kemudian di diskusikan dengan kelompok besar untuk mecapai kesepakatan. Melalui kegiatan diskusi berkali-kali dan bereksperimen langsung siswa dapat lebih mudah memaknai dan memahami konsep, sehingga memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan fisika. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran Collaborative Creativity. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiman. Desain penelitian yang digunakan adalah pre test post test control group design. Hasil penelitian menunjukan ratarata peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa sebesar 0,67.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCollaborative Creativityen_US
dc.subjectKeterampilan Pemecahan Masalahen_US
dc.titleEfektifitas Model Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswaen_US
dc.typeProsidingen_US
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Sri Astutik_EFEKTIFITAS MODEL COLLABORATIVE CREATIVITY.pdf1.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.