Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89297
Title: Analisis Kesalahan Kalimat dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso
Authors: WIDJAJANTI, Anita
HUSNIAH, Furoidatul
AMIR, Siwi Purwana
Keywords: Kemampuan Menulis
Kalimat efektif
Pendidikan Bahasa
Bahasa Indonesia
Issue Date: 2-Jan-2019
Abstract: Pada keterampilan menulis, siswa diajarkan menulis karangan. Karangan adalah suatu karya berupa tulisan untuk mengungkapkan ide dan gagasannya. Salah satu karangan yang diajarkan di sekolah yakni karangan deskripsi. Karangan deskripsi selalu ada dalam karangan yang lain, sehingga kemampuan menulis teks deskripsi merupakan dasar yang harus dimiliki oleh seorang apabila ingin terampil menulis. Pada keterampilan menulis karangan deskripsi, tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa khususnya kesalahan kalimat. Bentuk-bentuk kesalahan kalimat yang dibuat oleh siswa harus dikurangi sampai ke batas sekecil–kecilnya jika mungkin dihilangkan sama sekali. Dalam penulisan karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso masih banyak ditemukan berbagai bentuk kesalahan kalimat. Berdasarkan hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bentuk-bentuk kesalahan kalimat, (2) faktor yang mempengaruhi terjadinya kesalahanan kalimat dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangan penelitian adalah kualitatif. Data penelitian berupa kalimat-kalimat yang menunjukan adanya bentuk kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso. Sumber data penelitian ini adalah karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso. Teknik pengumpul data berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga hal, yakni (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa masih banyak kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso. Kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso terjadi karena adanya (1) kalimat tidak logis, (2) kalimat tidak cermat, (3) kalimat tidak padu, (4) kalimat rancu (kontaminasi kata), (5) kalimat tidak sejajar, (6) kalimat interferensi, (7) kalimat tidak hemat (8) kalimat tidak gramatikal (9) kalimat kalimat taksa (ambigu). Faktor penyebab kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso terbagi atas dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksud meliputi kurangnya penguasaan kaidah kebahasaan dan kurangnya kesadaran siswa. Faktor eksternal berkaitan dengan penyebab penggunaan bahasa yang berasal dari lingkungan penggunaan bahasa. Salah satu faktor eksternal yang mneyebabkan kesalahan kalimat pada karangan deskripsi yaitu adanya pengaruh bahasa yang lebih dikuasai yaitu bahasa ibu atau bahasa sehari-hari. Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada guru hendaknya lebih memperhatikan kesalahan siswa dalam menulis dengan cara mengoreksi buku tulis siswa agar tidak terjadi kesalahan yang berulang-ulang dan memberikan materi yang menarik mengenai penulisan karangan yang baik dan benar agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil ini dapat dijadikan bahan pertimbangan serta masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas tidak hanya kesalahan berbahasa tataran kalimat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89297
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
siwi purwana amir-140210402027.pdf2.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools