Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89281
Title: Pengembangan Media Pop-up Book Untuk Mengenalkan Konsep Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A RA Perwanida 1 Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: YULIATI, Nanik
DIENDA, Senny Weyara
RUSDIYAHWATI
Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini
Media pembelajaran
Media Pop-up Book
Kemampuan Berhitung
Perkembangan Kognitif
Issue Date: 31-Dec-2018
Abstract: Perkembangan kognitif anak usia dini adalah kemampuan anak dalam berfikir dan memahami sesuatu hal yang ada disekitarnya sehingga mempermudah dirinya dalam pemecahan masalah yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Upaya pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan dapat diterapkan pada pembelajaran berhitung permulaan anak. Di dalam kegiatan berhitung, anak belajar mengenai konsep bilangan, lambang bilangan, warna, bentuk, ukuran, ruang, dan kegiatan bermain yang menyenangkan. Selain itu berhitung juga diperlukan untuk membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin pada anak. Kegiatan mengenal berhitung permulaan dengan metode bermain dapat dikembangkan dengan media Pop-up Book. Media Pop-up Book diharapkan dapat menjadi media alternatif untuk mengenalkan konsep berhitung permulaan pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah media Pop-up Book dengan materi mengenalkan konsep berhitung permulaan. Media Pop-up Book digunakan pada pembelajaran untuk pencapaian 5 (lima) indikator perkembangan kognitif anak yaitu 1) menyebutkan bilangan 1-10; 2) menunjuk lambang bilangan 1-10; 3) membilang jumlah benda 1-10; 4) membedakan konsep banyak dan sedikit; 5) menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda 1-10. Subjek penelitian ini yakni anak kelompok A di RA Perwanida 1 Cluring, Banyuwangi yang berjumlah 22 anak. Uji pengembangan dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil validasi media Pop-up Book dan perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Pop-up Book, serta keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media Pop-up Book yang ditentukan oleh hasil belajar anak, aktivitas guru dan respon guru. Pada tahap uji pengembangan dilakukan kegiatan validasi oleh ahli dan uji pengembangan di lapangan berupa kegiatan pembelajaran. Untuk hasil uji kevalidan media Pop-up Book, maka diperoleh hasil 4,63 dengan kategori valid. Hasil validasi terkait RPPH dan LKA masing-masing memperoleh nilai 4,14 dan 4,3 dengan kategori valid. Aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Pop-up Book. Hasil yang diperoleh dari hasil keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru memperoleh nilai 4,54 dengan kategori tinggi. Aspek keefektifan diperoleh dari hasil belajar anak, aktivitas guru dan respon guru. Hasil belajar anak pada pertemuan pertama memperoleh nilai 80 dengan kategori baik. Selanjutnya pertemuan kedua hasil belajar anak memperoleh nilai 88,75 dengan kategori baik. Dan hasil belajar anak pertemuan ketiga diperoleh nilai 95 dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas guru pada saat pembelajaran memperoleh pada saat pertemuan pertama memperoleh 93,3% dengan kategori baik. Pada pertemuan kedua memperoleh 97,7% dengan kategori sangat baik. Hasil ketiga aktivitas guru diperoleh 93,3% dengan kategori baik. Hasil aktivitas guru dan anak menunjukkan bahwa aspek keefektifan telah terpenuhi. Serta respon guru terhadap komponen media Pop-up Book serta perangkat pembelajaran yang disusun yakni respon positif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa 1) media Popup Book untuk mengenalkan konsep berhitung permulaan dikategorikan valid dengan sedikit perbaikan; 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media Pop-up Book dapat mencapai hasil baik/tinggi; dan 3) hasil aktivitas belajar anak mencapai kategori baik, aktivitas guru mencapai kategori baik, serta respon guru terhadap pembelajaran dengan media Pop-up Book yakni respon positif. Saran yang diberikan bagi peneliti lain yaitu diharapkan hasil pengembangan media Pop-up Book dapat menjadi salah satu referensi untuk mengembangkan media Pop-up Book untuk materi lain.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89281
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rusdiyahwati.pdf7.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools