Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89278
Title: | Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Media Boneka Tongkat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Sdn Kebonsari 01 Jember |
Authors: | Muchtar, Imam Fitriah, Chumi Zahroul Haris, Putri Adi Abdul |
Keywords: | Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Media Boneka Tongkat |
Issue Date: | 2-Jan-2019 |
Abstract: | Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model CTL (Contextual Teaching And Learning) berbantuan media boneka tongkat dengan metode konvensional, tema daerah tempat tinggalku terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 01 Jember semester 2 Tahun ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan Rata-rata nilai kognitif yang diperoleh melalui post-test pada kelas eksperimen sebesar 83,94 dan kelas kontrol 58,00. dan Rata-rata nilai afektif yang diperoleh melalui observasi pada kelas eksperimen sebesar 76,13 dan rata- rata nilai afektif pada kelas kontrol sebesar 58,9. Rata-rata nilai psikomotorik yang diperoleh melalui observasi pada kelas eksperimen 83,71 dan pada kelas kontrol 55,30. Hasil perhitungan ER menunjukkan model CTL (Contextual Teaching And Learning) berbantuan media boneka tongkat lebih efektif sebesar 36,55 % pada hasil belajar kognitif, 40,87 % pada hasil belajar afektif, dan 25,53 % pada hasil belajar psikomotorik, dari hasil perhitungan ER menunjukkan bahwa penggunaan CTL (Contextual Teaching And Learning) berbantuan media boneka tongkat lebih baik jika dibanding hasil belajar terhadap ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89278 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Putri Adi Abdul Haris - 140210204058.pdf a.pdf | 1.93 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools