Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89225
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYULIANTI, Nanik-
dc.contributor.advisorDIENDA, Senny Weyara-
dc.contributor.authorNIRMALA, Nadhea-
dc.date.accessioned2018-12-27T02:50:45Z-
dc.date.available2018-12-27T02:50:45Z-
dc.date.issued2018-12-27-
dc.identifier.nim140210205041-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89225-
dc.description.abstractAnak diharapkan sudah mampu memahami makna sebuah kedisiplinan yaitu dengan taat dan patuh terhadap peraturan. Namun pada kenyataannya, rentang usia 5-6 tahun anak-anak belum disiplin dan belum memahami arti disiplin. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Jelbuk, bahwa guru di TK tersebut sudah berupaya menanamkan nilai kedisiplinan. Hal ini ditunjukkan dari upaya guru dalam memberikan hukuman terhadap pelanggaran peraturan sekolah yang dilakukan oleh siswa. Seperti yang diketahui oleh peneliti, ada beberapa pelanggaran terhadap peraturan sekolah yang dilakukan oleh siswa dan sanksi yang diberikan oleh guru, misalnya tidak membuang sampah pada tempatnya. Agar pelanggaran ini tidak dilakukan terusmenerus oleh siswa, guru memberikan sanksi seperti teguran secara lisan atau memperingatkan siswa supaya tidak mengulangi lagi pelanggarannya. Upaya sekolah tersebut dirasakan belum dapat membuat siswa berlaku dengan disiplin. Masih ada siswa yang tidak hadir tepat waktu, tidak berpakaian rapi, tidak membuang sampah pada tempatnya, serta tidak mengikuti apa yang diinstruksikan guru. Mengingat pentingnya menanamkan kedisiplinan terhadap anak usia dini dan hasil pengamatan awal maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Upaya Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Upaya Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Upaya Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yakni anak kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu guru kelompok B TK Dharma Wanita Jelbuk dan informan pendukung yaitu kepala sekolah, anak kelompok B, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk sudah cukup baik. Guru menanamkan kedisiplinan yaitu dengan cara membiasakan anak, memberikan contoh atau teladan, menetapkan peraturan, memberikan hukuman kepada anak yang melanggar, dan memberikan penghargaan kepada anak yang disiplin. Berdasarkan hasil penelitian juga diketahui bahwa cara menanamkan kedisiplinan yang diterapkan oleh guru yaitu dengan menggunakan pendekatan otoriter. Hal ini dibuktikan dengan kurang adanya kesepakatan antara guru dan anak dalam membuat peraturan dan hukuman di kelas. Guru juga kurang menunjukkan adanya diskusi dengan anak yang melakukan pelanggaran dan langsung memberikan tindakan yang berupa teguran atau hukuman. Saran dalam penelitian ini adalah guru dan pihak sekolah sebaiknya lebih konsisten dalam melaksanakan peraturan dan hukuman agar penanaman kedisiplinan di sekolah berjalan dengan efektif. Alangkah baiknya juga jika guru menggunakan pendekatan yang bersifat demokratis dalam menanamkan kedisiplinan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk berperan serta dalam menetapkan atau melaksanakan peraturan dan meminta penjelasan pada anak jika suatu saat anak melanggar peraturan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.subjectPendidikan Etikaen_US
dc.subjectKedisiplinan Anaken_US
dc.titleUpaya guru dalam menanamkan kedisiplinan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nadhea Nirmala.pdf4.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools