Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89048
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | ASTUTIK, Sri | - |
dc.contributor.advisor | GANI, Agus abdul | - |
dc.contributor.author | FUAD, Iinamy Nurul | - |
dc.date.accessioned | 2018-12-17T03:31:01Z | - |
dc.date.available | 2018-12-17T03:31:01Z | - |
dc.date.issued | 2018-12-17 | - |
dc.identifier.nim | 140210102110 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89048 | - |
dc.description.abstract | Belajar adalah suatu proses perubahan yang relatif menetap terjadi dalam tingkah laku potensial sebagai hasil dari pengalaman, dari definisi sebelumnya bahwa belajar adalah suatu usaha untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, perubahan yang menetap sebagai hasil dari pengalaman. Setiap kegiatan belajar mengajar, bahwa peran bahan ajar sangat penting. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan adalah Lembar Kegiatan Siswa. Pembelajaran dengan adanya bahan ajar lebih memudahkan siswa untuk menerima materi yang diberikan oleh guru, dengan adanya bahan ajar peran guru mulai di dampingi dengan bahan ajar. Berdasarkan uraian diatas, perlu untuk dilakukan pengembangan bahan ajar fisika khususnya lembar kerja siswa (LKS) berbasis kolaboratif untuk meningkatkan ketrampilan proses sains pada siswa di SMA/MA. Oleh karena itu, perlu dikembangkan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa di MAN 3 Jember. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengkaji validitas, efektivitas, dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian 4-D yang meliputi difene, design, develop, disminate. Tahap pendefinisian ini dilakukan dengan kegiatan yaitu wawancara dengan salah satu guru fisika di MAN 3 Jember, mengumpulkan informasi atau data-data terkait dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep. Tahap parancangan ini dimulai dengan merancang produk yang akan dikembangkan berupa bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa. LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dikembangkan terdiri dari petunjuk penggunaan LKS berbasis kolaboratif, Tujuan, Pendahuluan, Rumusan masalah, Merumuskan Hipotesis, Mengidentifikasi Variabel, Merumuskan Definisi Operasional Variabel, Melakukan Percobaan, Merancang Tabel Percobaan, dan Kesimpulan. Tahap pengembangan pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif, yang divalidasi oleh validasi ahli (expert appraisal) yaitu, dosen Pendidikan Fisika Universitas Jember. Tahap penyebaran ini bertujuan untuk menyebarluaskan atau mengujikan produk yang sudah valid kepada siswa, uji coba dilakukan selama 3 kali pertemuan (6x45 menit). Hasil dari penelitian ini masuk dalam tahap penyebaran berupa LKS (Lembar kerja Siswa) berbasis kolaboratif untuk validasi LKS pada komponen kalayakan isi, memiliki rata-rata skor validasi kedua validator adalah sebasar 4. Validasi pada komponen kalayakan penyajian untuk rata-rata skor kedua validator adalah 4,12. Selanjutnya validasi pada komponen ketiga yaitu kelayakan grafik rata-rata skor untuk validasi kedua validator adalah 4,12. Sedangkan untuk komponen validasi terakhir yaitu kelayakan bahasa, memiliki rata-rata skor validasi dari kedua validator adalah 4. Sedangkan untuk jumlah total dari rata-rata tiap komponen validasi dari kedua validator adalah 4,06. Sedangkan untuk peningkatan setelah menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kriteria efektivitas hasil belajar siwa setelah menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif didapatkan sebanyak 35 siswa, yang terdiri dari 30 siswa dalam kriteria cukup, serta 5 siswa dalam kriteria tinggi. Hasil tes kemampuan proses sains siswa dengan jumlah siswa 35 siswa, dengan rata-rata pre-test 46,45, dan post-test 75,25, dengan uji normalitas yag didapatkan 0,5 maka masuk dalam kategori sedang dalam kemampuan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA I MAN 3 Jember. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.subject | Pengajaran | en_US |
dc.subject | Buku Ajar | en_US |
dc.subject | Fisika-Buku Ajar | en_US |
dc.title | Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa MAN 3 Jember | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
IINAMY NURUL FUAD-140210102110.pdf | 3.33 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools