Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89007
Title: Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Historical Comprehension Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 3 Di Sma Negeri Jenggawah Tahun Ajaran 2017/2018
Authors: Sumardi
Umamah, Nurul
Setyorini, Eka
Keywords: Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Historical Comprehension Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran
Issue Date: 11-Dec-2018
Abstract: Penerapan discovery learning dapat meningkatkan historical comprehension peserta didik sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2017/2018. Historical comprehension dapat diukur dengan indikator berikut ini: mengidentifikasi sumber sejarah dan menilai kredibilitasnya pada siklus 1 sebesar 49,3% pada siklus 2 meningkat menjadi 64,7% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 77,2%. Pada indikator menggambarkan kembali makna dari peristiwa sejarah pada siklus 1 sebesar 69,11% pada siklus 2 meningkat menjadi 78,68 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 85,29%. Pada indikator membaca cerita sejarah secara imajinatif pada siklus 1 sebesar 57,35% pada siklus 2 meningkat menjadi 74,27% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 80.15%. Pada indikator menghargai perspektif sejarah pada siklus 1 sebesar 52,94% pada siklus 2 meningkat menjadi 66,91% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 75%. Perolehan hasil historical comprehension dari siklus 1 hingga siklus 3 telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu terdapat peningkatan historical comprehension peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah dengan kriteria baik. Peningkatan tersebut memberikan dampak posistif karena peserta didik lebih memahami konten atau materi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran sejarah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89007
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eka Setyorini-140210302002.pdf a.pdf2.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools