Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88907
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRahayu-
dc.contributor.advisorFitriyah, Chumi Zahroul-
dc.contributor.authorYanti, Linda-
dc.date.accessioned2018-12-03T21:59:07Z-
dc.date.available2018-12-03T21:59:07Z-
dc.date.issued2018-12-03-
dc.identifier.nim140210204119-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88907-
dc.description.abstractPenggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif di dalam kelas serta hasil belajar yang kurang optimal. Metode bermain peran merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan potensi siswa memahami materi pembelajaran melalui sarana yang menyenangkan sehingga merangsang siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa kelas III tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa kelas III tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain intact-group comparison. Hasil uji homogenitas diperoleh hasil to sebesar 0,164. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t-tabel, diketahui db = yaitu (35 + 34) – 2 = 67 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 0, 05. Hasil uji t menunjukkan bahwa to < tt (0,164 > 0,05), sehingga dapat dinyatakan bahwa keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil uji-t ranah kognitif skor thitung sebesar 6,646 dan selanjutnya skor thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel, db = 48 pada taraf signifikan 5%, sehingga diperoleh ttabel sebesar 1.996. Jadi, hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,646 > 1,996). hasil uji-t ranah afektif dikonsultasikan pada tabel kritik t pada db 58 dan pada signifikansi 0,05, diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,792 > 1,996), dan hasil uji-t ranah psikomotor dikonsultasikan pada tabel kritik t pada db 58 dan pada signifikansi 0,05, diperoleh thitung > ttabel (8,464 > 1,996), Berdasarkan hal tersebut, artinya Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember. Metode bermain peran ini diharapkan menjadi metode alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah agar tercipta suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Penerapan metode bermain peran diharapkan guru dapat mendesain teks drama yang menarik untuk siswa dan membentuk kelompok secara heterogen agar kemampuan siswa pada masing-masing kelompok merata.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Bermain Peranen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa Kelas IIIen_US
dc.subjectKegiatan Jual Belien_US
dc.subjectSDN Kepatihan 06 Jemberen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kegiatan Jual Beli di SDN Kepatihan 06 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Linda Yanti - 140210204119-ilovepdf-compressed.pdf3.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools