Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88726
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHENDRAWIJAYA-
dc.contributor.advisorSYLVA, Alkornia-
dc.contributor.authorVIVIN, Nur Laili-
dc.date.accessioned2018-12-01T05:28:23Z-
dc.date.available2018-12-01T05:28:23Z-
dc.date.issued2018-12-01-
dc.identifier.nimNIM140210201009-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88726-
dc.description.abstractMewarnai merupakan salah satu pembelajaran yang mempunyai manfaat dalam segala hal. Kegiatan mewarnai ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga pendidikan anak usia dini. Salah satu lembaga pendidikan yang melakukan pembelajaran ini adalah Play Group Ar-Roudhoh. Play Group Ar-Roudhoh merupakan lembaga pendidikan yang melakukan pembelajaran ini dengan tujuan agar anak dapat mengenal warna, merangsang daya imajiansi dan kreativitas yang tinggi. Selain itu, Play Group Ar-Roudhoh juga mengasah keterampilan motorik halus mereka sebagai bekal anak dalam belajar menulis. Perkembangan motorik halus merupakan salah satu perkembangan yang harus ditingkatkan oleh anak. Karena jika anak mengalami masalah pada perkembangan ini, anak akan kesulitan dimasa yang akan datang saat melakukan kegiatan sehari-hari. Dari uraian di atas, dapat diperoleh rumusan masalah yaitu adakah hubungan antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember?. Adapun tujuan dalam perumusan masalah ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kegiatan mewarai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember. Sedangkan manfaat dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan terkait permasalahan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan jenis data kuantitatif. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive area yaitu lokasi yang disajikan sebagai tempat penelitian adalah Play Group Ar-Roudhoh Jember. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah keseluruhan anak didik yang ada di Play Group Ar- Roudhoh yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi(check list) dan dokumentasi. Hasil pengamatan tersebut, dibuktikan melalui pengisian lembar observasi kepada 16 anak didik, setiap lembar observasi terdiri dari 14 item pernyataan. Selanjutnya dilakukan analisis data lebih lanjut dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang diolah dengan SPSS (Statistical Package fot the Social Science) 24. Adapun hasil perhitungan menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,933. Jika dikonsultasikan dengan harga rtabel sebesar 0,506 pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,933 > 0,506. Jika hasil perhitungan hubungan antara keduanya dipersentasekan, menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember sebesar 87,05%. Sedangkan sisanya adalah 12,95% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa indikator mengenal warna memberikan sumbangsih sebesar 60,37%. Sedangkan sisanya 39,63% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Indikator imajinasi memberikan sumbangsih sebesar 54,61%, sedangkan sisanya 45,39% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain. Pada indikator kreativitas meberikan sumbangsih sebesar 72,76%, sedangkan sisanya 27,24% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus di Play Group Ar-Roudhoh Jember, dengan memiliki kategori hubungan yang tinggi. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada pengelola agar menyiapkan tempat yang memadai untuk pembelajaran anak didik. Kepada pendidik agar lebih bersifat tegas agar anak didik megikuti pembelajaran dengan rapi dan aktif. Bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan agar dapat meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan kegiatan mewarnai dan perkembangan motorik halus anak usia dini. Seperti: dapat meronce sendiri, dapat melipat kertas origami, menggambar bebas sesuai kreativitas anak, dan dapat menempel potongan gambar pada gambar. Sebab dari kegiatan mewarnai yang dapat dilakukan anak didik dengan baik akan mempengaruhi perkembangan motorik halus anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210201009;-
dc.subjectMewarnaien_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectPlay Groupen_US
dc.subjectdaya imajiansien_US
dc.subjectkreativitasen_US
dc.subjectketerampilanen_US
dc.subjectmotoriken_US
dc.titleHubungan Antara Kegiatan Mewarnai Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di Play Group Ar-Roudhoh Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Vivin Nur Laili - 140210201009.pdf-.pdf2.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools