Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88722
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTRAPSILO, Prihandono-
dc.contributor.advisorMARYANI-
dc.contributor.authorSITI, Afiqah Raziqiyah-
dc.date.accessioned2018-12-01T05:13:48Z-
dc.date.available2018-12-01T05:13:48Z-
dc.date.issued2018-12-01-
dc.identifier.nimNIM140210102073-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88722-
dc.description.abstractPelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa sulit oleh mayoritas siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar fisika siswa yang terbilang rendah. Kondisi ini diduga karena siswa tidak bisa memahami konsep-konsep fisika dengan baik, karena pada dasarnya belajar fisika memerlukan pemahaman yang kuat terhadap konsep-konsep fisika. Metode pengajaran dengan menggunakan peta konsep dapat dijadikan cara untuk menanamkan pemahaman dan penguasaan konsep pada siswa, dikarenakan dengan peta konsep siswa akan lebih mudah memahami kaitan antar konsep dan membuat materi bertahan dalam jangka waktu yang panjang dalam ingatan siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan handout fisika berbasis concept mapping untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana validitas handout fisika berbasis concept mapping; 2) Bagaimana penguasaan konsep siswa setelah menggunakan handout fisika berbasis concept mapping; 3) Bagaimana respon siswa terhadap handout fisika berbasis concept mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas handout fisika berbasis concept mapping, mengkaji penguasaan konsep siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember setelah melakukan pembelajaran menggunakan handout fisika berbasis concept mapping, dan mengkaji respon siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember terhadap handout fisika berbasis concept mapping. Penelitian Pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan menurut Tjeerd Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu: 1) fase investigasi awal; 2) fase desain; 3) fase realisasi/konstruksi; 4) fase tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) fase implementasi. Pada fase tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji kelayakan atau validasi. Aspek yang dinilai ada 4 yaitu 1) kelayakan isi; 2) kebahasaan; 3) penyajian; dan 4) kegrafikaan. Rata-rata nilai dari 4 aspek tersebut menjadi nilai akhir atau dengan perolehan skor 3.6 yang masuk dalam interval dengan kategori “sangat valid” yang artinya handout fisika berbasis concept mapping dapat digunakan tanpa revisi. Hasil penguasaan konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan handout fisika berbasis concept mapping didapatkan dari nilai posttest siswa dengan nilai rata-rata 68.4 masuk dalam kategori penguasaan konsep siswa baik. Pengelompokan kategori penguasaan konsep siswa dalam satu kelas untuk kategori sangat baik 23.3%; baik 43.3%; cukup 13.3%; kurang 16.67%; dan sangat kurang 3.3%. Respon siswa terhadap handout fisika berbasis concept mapping untuk aspek efektifitas handout sangat positif dengan percentage of agreement 94.22%; aspek kelayakan isi handout positif dengan percentage of agreement 75%; aspek kelayakan bahasa sangat positif dengan percentage of agreement 80.8%; aspek kelayakan penyajian sangat positif dengan percentage of agreement 84.6%; dan aspek kelayakan kegrafikaan positif dengan percentage of agreement 63.45%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) validasi handout fisika berbasis concept mapping masuk dalam kategori sangat valid dalam arti handout fisika berbasis concept mapping dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran fisika; 2) penguasaan konsep siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan handout fisika berbasis concept mapping masuk kategori penguasaan konsep yang baik; 3) respon siswa terhadap handout fisika berbasis concept mapping positif dalam arti siswa merasa terbantu dengan adanya handout fisika berbasis concept mapping.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102073;-
dc.subjectPelajaran fisikaen_US
dc.subjectmata pelajaranen_US
dc.subjectsiswa SMA Muhammadiyahen_US
dc.subjectfisikaen_US
dc.subjectkonsep-konsep fisikaen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.titlePengembangan Handout Fisika Berbasis Concept Mapping Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Sma Muhammadiyah 3 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Afiqah Raziqiyah-140210102073.pdf-.pdf7.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools