Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88721
Title: Retorika Iklan Minuman Di Youtube Dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Menulis Teks Iklan Di Smp
Authors: ANITA, Widjajanti
SISWANTO
SAFRIKI, Munfi`atil Mawaddah
Keywords: Iklan
Komunikasi
Bahasa
pesan penjualan
produsen
Konsumen
daya persuasi
produk
gaya bahasa
ilmu retorika
Issue Date: 1-Dec-2018
Series/Report no.: 140210402058;
Abstract: Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang menggunakan bahasa sebagai sarana penyampai pesan penjualan dari produsen kepada konsumen. Penggunaan bahasa pada iklan distrategikan agar memiliki daya persuasi yakni untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik dan membeli produk yang diiklankan. Oleh karena itu, bahasa iklan dibuat dengan menggunakan prinsip serta gaya bahasa pada kajian ilmu retorika yang mengandung unsur persuasi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan efek penjualan dan memberikan kesan baik terhadap suatu produk iklan sehingga akan dapat mempermudah proses mempromosikan produk tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menjawab: 1) bagaimanakah prinsip retorika dalam iklan minuman di youtube?, 2) bagaimanakah gaya bahasa pada iklan minuman di youtube?, dan 3) bagaimanakah pemanfaatan retorika dalam iklan minuman di youtube sebagai alternatif materi pembelajaran menulis teks iklan di SMP?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan retorika. Teori retorika yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori retorika Lundquist, Keraf dan Tarigan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa ujaran, tulisan, dan gambar yang terdapat pada iklan minuman di youtube yang mengindikasikan adanya penggunaan prinsip retorika dan gaya bahasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan minuman yang diunduh di youtube pada bulan Mei 2018, silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP Kurikulum 2013, buku guru dan buku siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII edisi revisi 2017.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode simak catat, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pemaparan hasil dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) hasil temuan prinsip retorika dalam iklan minuman di youtube meliputi, (a) prinsip L`invention yang menunjukkan bahwa setiap iklan minuman mempunyai konsep atau ide utama yang berbeda, (b) prinsip La disposition yang menunjukkan bahwa setiap teks iklan minuman memiliki susunan yang berbeda, (c) prinsip L`elocution yang menunjukkan bahwa setiap iklan minuman memiliki jenis diksi yang berbeda, dan (d) prinsip L`action yang menunjukkan bahwa setiap iklan minuman memiliki strategi pengungkapan konsep atau ide utama yang berbeda; (2) gaya bahasa yang digunakan dalam iklan minuman di youtube adalah simile, personifikasi, metafora, hiperbola, klimaks, antiklimaks, elipsis, aliterasi, tautotes, dan anafora; (3) prinsip retorika dan gaya bahasa yang terdapat dalam iklan minuman di youtube dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk menciptakan kata-kata kreatif dalam menyusun teks iklan yang menarik dan persuasif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, saran yang dapat diberikan antara lain: (1) bagi peneliti lain, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis khususnya retorika dengan mengembangkan aspek-aspek lain yang tidak terjangkau oleh peneliti, misalnya struktur retorika yang digunakan dalam iklan; (2) bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP, hasil penelitian ini hendaknya dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan materi pembelajaran menulis teks iklan agar lebih menarik serta inovatif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88721
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Safriki Munfi`atil Mawaddah.pdf-.bak.pdf901.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools