Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88720
Title: Peran Metode Praktek Dalam Penguasaan Keterampilan Berbahasa Inggris Peserta Pelatihan Di Lkp Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo
Authors: HENDRAWIJAYA
LUTFI, Ariefianto
ROVIKA, Dwi Fitriani
Keywords: Metode praktek
instruktur
pembelajaran
peserta pelatihan
aplikasi
praktek
alat
media
prosedur
Native Speaker
Bisik Berantai
Issue Date: 1-Dec-2018
Series/Report no.: 130210201057;
Abstract: Metode praktek merupakan suatu cara yang dijadikan sebagai pedoman bagi instruktur untuk melaksanakan pembelajaran agar tercapai tujuan untuk mempermudah peserta pelatihan memahami materi lalu di aplikasikan melalui kegiatan praktek dengan menggunakan alat atau media pendukung dan diikuti dengan prosedur dengan benar. Adapun metode praktek dalam penelitian ini yaitu pengembangan melalui Native Speaker dan pengembangan melalui permainan “Bisik Berantai”, metode tersebut dinilai memiliki peran khususnya dalam mempengaruhi keterampilan berbahasa inggris pada peserta pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peran metode praktek dalam penguasaan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo?, Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran metode praktek dalam penguasaan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo?. Adapun manfaat dari penelitian ini, untuk menambah ilmu pengetahuan, menambah wawasan, dapat dijadikan sebagai masukan dan praktik dalam mengembangkan program Pendidikan Luar Sekolah tentang lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat dan waktu penelitian mencakup lokasi atau daerah sasaran dan kapan (kurun waktu) penelitian dilakukan. dengan Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Snowball sampling. Sumber data yang di dapat dari informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik Pemeriksaan Keabsahan data, yakni perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisa data dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan atau verifikasi. Hasil temuan yang diperoleh peneliti sebagai hasil implementasi dari penelitian ini yaitu Peran metode praktek dalam penguasaan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo menunjukkan bahwa, metode praktek native speaker dan permainan bisik berantai dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan, seperti keterampilan berbicara (speaking), keterampilan menyimak (listening) dan keterampilan membaca (reading). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode praktek native speaker dan permainan bisik berantai memiliki peran dalam mempengaruhi keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan yang meliputi keterampilan berbicara (speaking), menyimak (listening) dan membaca (reading). Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk LKP Andi’s English Course, hendaknya lembaga memaksimalkan lagi metode pembelajaran yang sudah ada agar peserta pelatihan di tempat kursus ini penguasaan keterampilan berbahasa inggrisnya lebih meningkat lagi dan lagi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88720
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ROVIKA DWI FITRIANI - 130210201057.pdf-.pdf1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools