Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/8843
Title: | PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PROSES TERJADINYA SIANG DAN MALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN TANJUNG III PAMEKASAN |
Authors: | MOHAMMAD NASAR |
Keywords: | METODE DEMONSTRASI, HASIL BELAJAR SISWA |
Issue Date: | 14-Dec-2013 |
Series/Report no.: | 070210274067; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tentang Proses Terjadinya Siang dan Malam dengan metode Demonstrasi pada siswa kelas 6 SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa 21 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan test esay yang dibuat peneliti sebanyak 4 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi, dipergunakan beberapa alat peraga dan data observer. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas 13 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 61,9% berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 85,71% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode belajar demonstrasi maka model belajar ini dapat meningkatkan kualitas hasil belajar. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8843 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MOHAMMAD NASAR.pdf | 288.06 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools