Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88423
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | YULIATI, Nanik | - |
dc.contributor.advisor | KHUTOBAH | - |
dc.contributor.author | IRAWATI, Luluk Nur | - |
dc.date.accessioned | 2018-11-22T04:01:43Z | - |
dc.date.available | 2018-11-22T04:01:43Z | - |
dc.date.issued | 2018-11-22 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210205066 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88423 | - |
dc.description.abstract | Anak sangat membutuhkan dukungan yang kuat dari keluarga, hal ini dapat terlihat melalui pola asuh. Pola asuh adalah cara terbaik yang ditempuh orang tua dalam mendidik anak. Pola asuh orang tua terdapat tiga macam yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Pola asuh yang diterapkan orang tua berpengaruh dalam perkembangan anak karena pola asuh menumbuhkan anak yang cerdas secara emosional dan spiritual. Kecerdasan emosi merupakan hal terpenting penyumbang kesiapan anak menyambut masa depan, karena dengan anak memiliki kecerdasan emosional anak berhasil menghadapi segala bentuk tantangan, termasuk tantangan akademis, mampu bekerja sama, memiliki empati, kemampuan berkomunikasi, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Sehingga anak dapat mengenali emosional diri sendiri dan orang lain, bisa mengelola dan mengekspresikan emosional diri, empati, dan membina hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang adanya Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Kelompok B5 di TK Darus Sholah Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia dini kelompok B5 di TK Darus Sholah Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia dini kelompok B5 di TK Darus Sholah Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini dilakukan di kelompok B5 TK Darus Sholah Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Responden penelitian ini adalah orang tua peserta didik Kelompok B5 yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan rumus tata jenjang (Spearman’s rho). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket kepada orang tua peserta didik kelompok B5. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi tata jenjang denga perhitungan manual diperoleh nilai r hitung sebesar 0,934 sedang r tabel sebesar 0,450 dengan taraf signifikansi 5% maka r hitung lebih besar dari r tabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian apabila dikonsultasikan menggunakan tabel pedoman intepretasi koefisien korelasi r hitung berada pada rentang 0,800 sampai dengan 1,000 maka hubungan yang terjadi termasuk kedalam kriteria hubungan yang kuat. Selanjutnya berdasarkan penerimaan dan penolakan hipotesis jika dihubungkan dengan besaran r hitung yang diperoleh maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitan ini adalah “Ada hubungan yang positif dengan menggunakan taraf signifikasi 5 % antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak usia dini di kelompok B TK Darus Sholah Jember”. Saran yang dapat disampaikan yaitu kepada pendidik hendaknya lebih memperhatikan kembali dalam memberikan pengasuhan yang tepat kepada anak disekolah. Bagi orangtua terutama ibu agar lebih memperhatikan pentingnya memberikan pengasuhan yang tepat kepada putra-putrinya karena dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memberikan sumbangsih 87,24% dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Bagi peneliti lain agar meneliti lebih lanjut terkait hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak dan dapat meneliti faktor lain yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210205066; | - |
dc.subject | Pola Asuh Orang Tua | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Emosional | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Kelompok B5 Di TK Darus Sholah Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
LULUK NUR IRAWATI-140210205066.pdf | 4.79 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools