Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88161
Title: BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK JAJANAN DAN OLEH-OLEH KHAS BANYUWANGI “CITRA RASA”
Authors: JULIANTO, Didik Eko
SASONGKO
KHRISNAWATI, Dwi
Keywords: PEMASARAN
PRODUK JAJANAN
CITRA RASA
Issue Date: 19-Nov-2018
Series/Report no.: 140910202018;
Abstract: Citra Rasa merupakan salah satu industri rumah tangga di Banyuwangi yang memproduksi dan menjual jajanan serta oleh-oleh khas Banyuwangi. Semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi membuat semakin banyak pengusaha yang mencoba peruntungan dalam bisnis industri dan penyedia oleh-oleh sehingga para pelaku usaha dalam bisnis ini semakin berkembang jumlahnya. Persaingan yang ketat saat ini membuat pengusaha yang berkecimpung di bidang penjualan oleh-oleh juga harus memiliki strategi bauran pemasaran yang efektif sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen dan perolehan hasil penjualan produk akan semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di Citra Rasa yang bertempat di Jalan KH Wahid Hasyim nomor 79 Banyuwangi dan rumah produksi "Citra Rasa" yang bertempat di Jalan Ikan Paus nomor 3 Banyuwangi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis domain dan taksonomi. Penggunaan domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu Citra Rasa sebagai industri rumah tangga yang memproduksi dan menjual jajanan serta oleh-oleh khas Banyuwangi berusaha untuk memproduksi produk yang berkualitas baik demi memenuhi harapan konsumen sehingga dapat memperoleh loyalitas atau kepercayaan konsumen. Citra Rasa menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi dalam menjalankan kegiatan pemasaran produknya. Saran untuk Citra Rasa yaitu Citra Rasa harus tetap dapat mempertahankan kualitas produknya serta melakukan inovasi agar produk lebih bervariasi sehingga konsumen memiliki pilihan produk Citra Rasa yang lebih banyak lagi. Selain itu juga Citra Rasa perlu meningkatkan kegiatan promosi yang dilakukan, seperti mengelola akun sosial media yang telah dimiliki dan melakukan update secara rutin dan berkala agar informasi yang disajikan menjadi lebih aktual. Selain itu Citra Rasa juga dapat mengembangkan penggunaan media promosi yang dilakukan melalui media sosial blog dan Google Maps mencakup pembuatan blog yang berisi informasi dasar seperti katalog produk dan pengelolaan profil perusahaan dalam aplikasi Google Maps agar dapat dilengkapi dengan informasi perusahaan, nomor telepon yang dapat dihubungi, jam operasional toko, serta foto-foto produk dan keadaan dalam toko. Hal ini diperlukan mengingat kini cukup banyak masyarakat yang menggunakan kedua media tersebut untuk mencari dan melihat rekomendasi produk yang mereka inginkan serta kondisi toko tempat menyediakan produk tersebut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88161
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Khrisnawati - 140910202018_.pdf3.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools