Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88100
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSugiarti, Titik-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorRanita, Mega-
dc.date.accessioned2018-11-16T01:00:56Z-
dc.date.available2018-11-16T01:00:56Z-
dc.date.issued2018-11-16-
dc.identifier.nim140210204007-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88100-
dc.description.abstractMasalah dalam matematika umumnya dituangkan dalam bentuk soal cerita. Untuk menyelesaikan soal tersebut, diterapkan penyelesaian pemecahan masalah menurut Polya yang meliputi empat tahap, yaitu memahami masalah, membuat rencana untuk menyelesaikan masalah, melaksanakan rencana yang dibuat pada langkah kedua, dan memeriksa ulang jawaban yang diperoleh. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapangan, masih banyak siswa yang belum bisa menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase masing-masing jenis kesalahan dan mengetahui faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Polya pokok bahasan pecahan siswa kelas V SDN 2 Pesanggaran Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 2 Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 35 orang. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Pelaksanaan tes dilakukan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita, sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui faktor penyebabnya. Berdasarkan hasil analisis, persentase kesalahan menentukan apa yang diketahui sebesar 6,28%. Persentase kesalahan menentukan apa yang ditanya sebesar 5,71%. Persentase kesalahan dalam menggunakan kata atau kalimat sebesar 5,50%. Persentase kesalahan menyusun strategi untuk menyelesaikan soal sebesar 8,64%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPokok Bahasan Pecahanen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Polya Pokok Bahasan Pecahanen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mega Ranita-140210204007 Sdh.pdf2.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools