Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88007
Title: Modul Dinamika Gerak Berbasis Gambar Proses untuk Menanamkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar pada Siswa SMA
Authors: SUTARTO
INDRAWATI
Harianto, Rony
Keywords: Pengembangan Modul
Dinamika Gerak
Berbasis Gambar
Issue Date: 14-Nov-2018
Series/Report no.: 160220104019;
Abstract: Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kejadian-kejadian yang bersifat fisis yang mencakup proses, produk dan sikap ilmiah yang bersifat siklik, saling berhubungan, dan menerangkan bagaimana gejala-gejala alam tersebut dapat terukur melalui pengamatan dan penelitian. Pada kenyataannya, kebanyakan siswa masih menganggap sulit memahami fisika secara mandiri. Salah satu faktor yang menimbulkan anggapan tersebut yaitu kurangnya media yang dapat menjelaskan konsep fisika dengan lebih mudah. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menjelaskan konsep fisika lebih mudah yakni gambar proses. Gambar proses perlu dituangkan dalam suatu media cetak agar siswa dapat memahami konsep secara mandiri. Salah satu media cetak yang dapat digunakan untuk menanamkan kemandirian belajar yakni modul. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengembangan untuk menghasilkan modul berbasis gambar proses untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa . Penelitian pengembangan ini akan diterapkan pada siswa SMA yang mempelajari materi dinamika gerak. Maka penelitian dengan modul dinamika gerak berbasis gambar proses untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar perlu dilakukan Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan modul dinamika gerak berbasis gambar proses yang valid untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa SMA; (2) Mendeskripsikan modul dinamika gerak berbasis gambar proses yang praktis untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa SMA; (3) Mendeskripsikan modul dinamika gerak berbasis gambar proses yang efektif untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa SMA.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88007
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rony Harianto - 160220104019_1.pdf7.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.