Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87979
Title: Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berbasis Etnomatematika
Authors: Susanto
YUDIANTO, Erfan
Hasanah, Rif’atul
Keywords: Komunikasi Matematis
Geometri
Etnomatematika
Issue Date: 13-Nov-2018
Series/Report no.: 140210101031;
Abstract: Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan, lisan, dan mendemonstrasikan serta menggambarkan secara visual, kemampuan memahami, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan maupun dalam bentuk visual lainnya, kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan strukturnya untuk menyajikan ide-ide serta menggambarkan hubungan dan model-model situasi. Etnomatematika merupakan matematika yang timbul dan berkembang dalam masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan budaya dan aktivitas sehari-hari suatu masyarakat tertentu. Etnomatematika yang dimaksud pada penelitian ini yaitu etnomatematika pada kostum JFC yang dijadikan sebagai soal tes kemampuan komunikasi matematis tentang transformasi geometri refleksi dan rotasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berbasis etnomatematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Arjasa. Setelah subjek mengerjakan soal tes dan wawancara kemudian siswa dikategori menjadi siswa berkemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan komunikasi matematika tinggi, mampu memenuhi aspek tulis dan lisan yang pertama karena siswa menggambar sumbu cermin dan pusat rotasi dengan tepat, menjelaskan cara meletakkan posisi sumbu cermin dan pusat rotasi dengan tepat. Belum mampu memenuhi aspek tulis namun mampu memenuhi indikator lisan yang kedua karena siswa menggambar hasil pencerminan namun kurang tepat dan menentukan hasil rotasi dengan tepat, mampu menjelaskan cara menggambar hasil pencerminan dan menentukan pusat rotasi dengan tepat. Mampu memenuhi aspek tulis dan lisan yang ketiga karena siswa mampu menggunakan dan menjelaskan notasi atau sismbol matematika untuk menyelesikan permasalahan dalam menentukan koordinat bayangan dan besar sudut rotasi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87979
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rif’atul Hasanah-140210101031_1.pdf1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools