Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87973
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | PRIHANDONO, Trapsilo | - |
dc.contributor.advisor | ASTUTIK, Sri | - |
dc.contributor.author | INDAHSARI, Prasasti Nur | - |
dc.date.accessioned | 2018-11-13T05:16:25Z | - |
dc.date.available | 2018-11-13T05:16:25Z | - |
dc.date.issued | 2018-11-13 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210102091 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87973 | - |
dc.description.abstract | Fisika menjadi fondasi berkembangnya ilmu pengentahuan dan teknologi. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari pembelajaran fisika diantaranya mengembangkan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan analisis siswa. Materi fluida statis merupakan salah satu materi dalam pembelajaran fisika yang dapat membuat siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dalam kegiatan belajar kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan soal dimana dalam penyelesaiannya perlu langkah yang sistematis. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat diketahui melalui evaluasi dengan menggunakan alat ukur yaitu taksonomi. Taxonomy of Introductory Physics Problems (TIPP) merupakan taksonomi baru yang diciptakan oleh Toerodescu et al. (2013) yang mengacu pada NTEO yang telah dikembangkan oleh Marzano dan Kendall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa SMA materi fluida statis berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di tiga SMA Negeri yang tidak berada di kota di Kabupaten Jember dengan masing-masing sekolah diambil satu kelas. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang telah menerima materi fluida statis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian yang terdiri dari 11 soal dan pedoman wawancara. Soal yang digunakan diambil dari bank soal yang terstandar yang disesuaikan dengan level Taxonomy of Introductory Physics Probelms. Data yang diperoleh hasil tes siswa dan hasil wawancara. Data hasil tes yang diperoleh dianalisis berdasarkan rubrik penskoran. Data hasil wawancara dianalisis dengan mereduksi, memaparkan, dan ditarik kesimpulan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210102091; | - |
dc.subject | Fluida Statis | en_US |
dc.subject | Identifikasi Kemampuan | en_US |
dc.subject | Pemecahan Masalah | en_US |
dc.subject | Introductory Physics Problems | en_US |
dc.subject | Taxonomy | en_US |
dc.title | Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Materi Fluida Statis Berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Prasasti Nur Indahsari - 140210102091_1.pdf | 2.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools