Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87971
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pewarnaan Titik Pada Graf Berbasis Teknologi Android
Authors: Dafik
FATAHILLAH, Arif
FARKHIYAH, Nurul
Keywords: Graf Berbasis
Teknologi Android
Pengembangan Media
Issue Date: 13-Nov-2018
Series/Report no.: 140210101072;
Abstract: Media pembelajaran berkembang menjadi lebih kreatif dan inovatif dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini yaitu teknologi android. Media pembelajaran yang inovatif dapat berupa multimedia pembelajaran. Salah satu multimedia pembelajaran yaitu berupa game yang berguna dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, tetapi belum banyak game yang dibuat untuk fungsi pembelajaran di sekolah. Akhirnya game mulai dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran dengan harapan siswa menjadi lebih tertarik dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar. Oleh karena itu perlu berbagai inovasi kreatif dalam menciptakan game edukasi sebagai media pembelajaran yang inovatif sehingga bisa dimanfaatkan di dunia pendidikan guna mendukung kegiatan belajar mengajar dan menarik minat motivasi belajar siswa. Salah satunya yaitu permainan pewarnaan titik pada graf yang dimuat pada perangkat lunak android beserta materi pendukungnya. Sehingga diharapkan aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika materi pewarnaan titik pada graf berbasis teknologi android. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang telah dimodifikasi dan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan , dan tahap pengembangan. Uji coba penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa matematika diskrit kelas A FKIP Universitas Jember. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang kembangkan. Hasil dari pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini yaitu sebuah media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid ditunjukkan dari tahap validasi oleh para validator yang terdiri dari dua Dosen dari Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Dari tahap penelitian diperoleh kriteria kevalidan dengan nilai koefisien korelasi pada media pembelajaran sebesar 0.94. Analisis selanjutnya adalah analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon pengguna. Dari hasil angket respon mahasiswa diperoleh presentase sebesar 87,4%. Pada tahap terakhir adalah pelaksanaan tes hasil belajar siswa sebagai alat untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan dan didapatkan persentase 85%. Dari hasil beberapa analisis diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori interpretasi koefisien validasi “sangat tinggi”, nilai kepraktisan dan keefektifan “baik” serta layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87971
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurul Fatkhiyyah - 140210101072_1.pdf665.19 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools