Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87952
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWidayati, Endang Sri-
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul-
dc.contributor.authorPrayitno, Muhammad Syamsul Hadi-
dc.date.accessioned2018-11-13T03:06:40Z-
dc.date.available2018-11-13T03:06:40Z-
dc.date.issued2018-11-13-
dc.identifier.nimNIM120210402101-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87952-
dc.description.abstractKajian tema dalam penelitian ini dipakai dan diuraikan menjadi beberapa tingkatan. Lima tingkatan tema menurut Shipley merupakan yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Kumpulan cerpen Anak Arloji karya Kurnia Effendi dipilih karena didalamnya bukan hanya mencakup hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan antarmanusia melainkan juga hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Selain itu, pemilihan kajian tema dalam penelitian ini didasarkan karena dalam penelitian sebelumnya tema hanya dimasukkan sebagai pelengkap dalam penelitian karya sastra, sedangkan dalam penelitian ini difokuskan pada tema yang dikaji secara mendalam. Berdasarkan latar belakang yang terdapat dalam penelitian ini, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah tema dalam kumpulan cerpen Anak Arloji karya Kurnia Effendi berdasarkan teori Joseph T. Shipley? 2) Bagaimanakah pemanfaatan kajian tema dalam kumpulan cerpen Anak Arloji karya Kurnia Effendi sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA? Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan rancangan penelitian ini bersifat deskriptif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, serta paragraf yang mengindikasikan persoalan yang ditonjolkan dalam kumpulan cerpen Anak Arloji. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang berperan sebagai pengumpul data yang dibantu oleh instrumen pendukung seperti alat tulis, tabel pemandu pengumpul data dan kumpulan cerpen Anak Arloji karya Kurnia Effendi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210402101;-
dc.subjectCerpen Anak Arlojien_US
dc.subjectKarya Kurnia Effendien_US
dc.subjectKajian Tema Cerpen-Cerpenen_US
dc.titleKajian Tema Cerpen-Cerpen dalam Kumpulan Cerpen Anak Arloji Karya Kurnia Effendi dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Syamsul Hadi Prayitno - 120210402101_1.pdf1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools