Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87950
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | YULIATI, Nanik | - |
dc.contributor.advisor | LATHIF, H. Misno A. | - |
dc.contributor.author | APRILINDA, Vina | - |
dc.date.accessioned | 2018-11-13T03:00:41Z | - |
dc.date.available | 2018-11-13T03:00:41Z | - |
dc.date.issued | 2018-11-13 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210205068 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87950 | - |
dc.description.abstract | Gadget merupakan perangkat atau alat elektronik yang memiliki fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia. Gadget memiliki pengaruh yang yang signifikan bagi manusia, salah satunya adalah mampu mengembangkan kemampuan intelektual, namun disisi lain dapat membuat seseorang kecanduan gadget sehingga tidak dapat bersosialisasi dengan baik. Pengguna gadget terdiri dari semua kalangan termasuk anak usia dini. Anak usia dini adalah anak usia lahir-8 tahun yang berada dalam masa emas untuk tumbuh dan mengembangkan potensi yang bersumber dari pengembangan aspek perkembangannya. Pada usia dini anak diharapkan mampu berinteraksi sosial dengan lingkungan dibandingkan dengan benda. Namun pada kenyataannya, saat ini anak-anak lebih banyak berinteraksi dengan benda (gadget) dibandingkan berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di RA Plus Al-Falah, terdapat beberapa anak yang menggunakan gadget di lingkungan sekolah. Saat anak bermain gadget, anak fokus dengan gadget-nya dan tidak mau bermain bersama teman-temannya. Hal tersebut menyebabkan interaksi anak dengan orang lain menjadi berkurang. Namun, dari seluruh anak yang menggunakan gadget masih terdapat beberapa anak yang mampu berinteraksi dengan baik bersama temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah hubungan antara penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial pada anak kelompok B di RA Plus Al-Falah Kabupaten Bondowoso dan seberapa besar hubungan antara penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial pada anak kelompok B di RA Plus Al-Falah Kabupaten Bondowoso?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial pada anak kelompok B di RA Plus Al- Falah Kabupaten Bondowoso dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan hubungan antara penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial pada anak kelompok B di RA Plus Al-Falah Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di RA Plus Al-Falah Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso yang dilakukan selama dua minggu, yaitu pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang menggunakan gadget berjumlah 22 anak. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang kemudian untuk uji reliabilitas dikoreksi kembali menggunakan rumus spearman brown. Teknik analisis data menggunakan rumus tata jenjang yang dihitung secara manual. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa r hitung sebesar -0,656, sedangkan r tabel sebesar 0,428 (N=22 dengan taraf kepercayaan 95%), sehinggar hitung lebih besar dari r tabel (0,656>0,428), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial pada anak kelompok B di RA Plus Al-Falah Kabupaten Bondowoso. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa besarnya hubungan antara penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial adalah -0,656 atau 43,03%, sehingga penggunaan gadget memiliki kontribusi sebesar 43,03%, sedangkan sisanya 56,97% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya orang tua mendampingi anak saat bermain gadget, menerapkan secara tergas terkait dengan aturan penggunaan gadget, serta memberikan dukungan dan kesempatan pada anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan. Sekolah diharapkan mampu menerapkan aturan terkait penggunaan gadget di lingkungan sekolah, memberi perhatian khusus pada anak yang memiliki kemampuan interaksi yang rendah, serta memiliki area khus bagi orang tua saat menunggu anaknya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210205068; | - |
dc.subject | Gadget | en_US |
dc.subject | Kemampuan Interaksi | en_US |
dc.subject | DI Ra Plus Al-Falah | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Kelompok B DI Ra Plus Al-Falah Kabupaten Bondowoso | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
vina aprilinda-140210205068.pdf_.pdf | 4.25 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools